Ancaman Penyakit Jika Malas Untuk Cuci AC – Di zaman sekarang, banyak orang yang sepertinya menjadi sebuah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Terlebih lagi jika kita tinggal di tempat yang memiliki suhu udara lebih panas dari daerah lainnya. Akibatnya, kondisi ruangan di rumah kita juga akan selalu panas dan membuat rumah menjadi tidak nyaman.

Baca Juga : Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah

Tidak jarang meskipun sudah memakai kipas angin, namun udara di ruangan masih tetap panas. Lalu apa yang harus kamu lakukan? Solusinya adalah dengan memasang pendingin ruangan atau yang lebih popular dengan sebutan AC. Air Conditioner ini memang memiliki manfaat yang besar yaitu untuk membantu mendinginkan ruangan.

Meskipun awalnya ruanganmu terkesan panas, namun ketika ada AC maka ruangan terebut akan sejuk dan nyaman sepenuhnya. Meskipun begitu, ketika membeli AC maka kamu juga harus tahu kapan seharunsya kamu harus mengecek kipasmu dan melakukan perbaikan yang diperlukkan. Misalnya dengan melakukan servis AC serat rutin.

Baca Juga : Jarang Cuci AC? Ini Bahaya yang Mengintai!

Jadi, membeli AC bukan hanya seputar bagaimana membuat ruangan terrsebu dingin. Kamu juga harus paham apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjaga performa AC agar tetap handal. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah melakukan cuci AC secara rutin.

Banyak ancaman penyakit jika malas untuk cuci AC, hal ini karena AC memiliki andil yang cukup penting demi menjaga kualitas udara baik di rumah maupun di kantor.

Bahaya yang Menanti Ketika Malas Cuci AC

Jika kamu jarang atau bahkan tidak pernah mencuci AC secara rutin, ada beberapa ancaman Kesehatan yang siap menantimu. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Gangguan Pernapasan

Ketika AC sudah jarang dibersihkan, maka kotoran dan debu akan menumpuk. Terutama di bagian filter AC yang memang berfungsi untuk menyaring udara agar lebih sehat dan bersih. Filter AC memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan udara. Jadi, ketika filter kotor karena debu maupun kotoran maka hal ini berpotensi menyebabkan  masalah Kesehatan.

Baca Juga : AC Rumah Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Ketika terhirup, penyakit atau kuman akan terbawa dan masuk ke saluran pernapasan. Kondisi ini bisa menyebabkan kamu mengalami gangguan pernapasan. Untuk kondsii jangka Panjang maka bisa mengakibatkan penyakit radang paru-paru. Kondisi ini akan semakin parah jika kamu memiliki riwayat penyakit asma.

2. Alergi

Kondisi AC yang kotor sudah pasti akan menyebabkan virus maupun bakteri berkeliaran dan menyerangmu. Tubuh yang terkena virus atau kuman melalui udara akan terkena risiko penyakit yang cukup parah. Risiko tersebut akan semakin besar jika sebelumnya kamu memiliki Riwayat alergi.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Kamu akan mengalami beberapa gejala seperi bersin-bersin, batuk, gangguan radang tenggorokan, dan lain-lain. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan cuci AC secara rutin. Dengan begitu kamu bisa terhindar berbagai masalah yang ada karena jarang membersikan atau mencuci AC-mu.

3. Sakit Kepala

Ketika udara yang kamu hirup tidak sehat dan ditambah mengalami risiko terkena alergi, kondisi ini akan menyebabkanmu mengalami sakit kepala. Untuk jangka waktu yang lama, sakit kepala yang kamu derita bisa semakin berat. Kamu bahkan tidak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan tenang dan lancer.

4. Susah Tidur

Ketika filter AC semakin kotor, ini membutnya akan bekerja lebih keras. Akibatnya suara pada filter AC pun juga semakin keras sehingga mengakibatkan suara bising. Ketika kebisingan semakin keras, pasti akan mengganggu tidurmu. Kamu menjadi sulit tidur karena terganggu oleh suara tersebut.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC yang Ideal Untuk Tidur

Bukan hanya itu, kondisi ini juga bisa mengakibatkan permasalahan lainnya berupa tekanan darah tinggi, gelisah, dan lain-lain. Memang terkesan sederhana namun dampak dari filter AC kotor cukup besar dan akan mengganggu kesehatanmu.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai apa saja ancaman penyakit karena menunda cuci AC. Kesimpulannya, ketika kamu jarang cuci AC maka kondisi ini akan berdampak pada kesehatanmu. Berbagai masalah kesehatan bisa menyerangmu. Maka dari itu, penting untuk membersihkan dan mencuci AC secara rutin.

Dengan begitu, AC di rumahmu akan selalu dalam kondisi terbaik dan selalu memberikan performa yang baik juga. Semoga bermanfaat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin