Berikut Cara Mengatasi Remote AC yang Tidak Berfungsi – Sebagai alat elektronik pada umumnya, terdapat beberapa gangguan atau kerusakan yang AC alami beserta unit pendukungnya dengan berbagai alasan dan penyebab.

Baca Juga : Sudah Tahu Fungsi Mode Pada Tombol Remote AC?

Salah satu unit AC yang seringkali mengalami gangguan adalah remote AC.

Apa Itu Remote AC?

Remote AC merupakan suatu alat bawaan dari unit pendingin ruangan yang tugasnya sebagai penghubung antara kita sebagai pemilik dengan unit pendingin ruangan yang kita miliki. Kita dapat mengatur suhu dan mode pada AC dengan menggunakan remote AC ini. Atau secara singkat, remote AC berguna memberi perintah sesuai dengan yang kita inginkan yang kemudian disampaikan ke unit AC melalui gelombang sensor.

Baca Juga : Sudah Tahu Fungsi Mode Pada Tombol Remote AC?

Remot AC pada umumnya sudah termasuk dalam komponen unit pendingin ruangan saat kita pertama membeli. Jadi, kita tidak perlu membeli remote AC secara terpisah. Untuk menggunakannya, remote AC membutuhkan daya dari baterai yang dipasang pada bagian belakang remote. Pada umumnya, seluruh remote AC dengan jenis AC yang berbeda-beda memiliki garis besar fitur yang sama. Seperti untuk mengatur suhu, mode pendinginan, swing, serta kecepatan kipas AC yang kita inginkan. Apabila terdapat gangguan atau kerusakan pada remote AC, maka kita tidak dapat menggunakan AC dengan baik dan benar.

Penyebab Remote AC Tidak Berfungsi

Gangguan paling umum pada remote AC adalah remote AC tidak berfungsi. Terdapat beberapa penyebab dari masalah ini. Antara lain:

1. Sensor AC Bermasalah

Alasan pertama mengapa remote AC tidak berfungsi yakni sensor AC yang mengalami gangguan atau sedang bermasalah. Ada beberapa penyebab mengapa sensor AC mengalami gangguan, antara lain:

a. Socket Sensor Kendor

Sambungan untuk sensor dengan PCP modul umumnya mengaplikasikan sistem socket. Meski tergolong kuat dan tahan kerusakan, terkadang terdapat gangguan akibat lamanya pemakaian dari AC hingga membuat socket menjadi kendor atau longgar. Selain masa pemakaian, kotoran, debu maupun partikel lain yang menumpuk di bagian socket juga menyebabkan sensor AC menjadi kurang peka atau unresponsive.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatur Remote AC Agar Dingin dan Sejuk

a. Socket Sensor Kendor

Sambungan untuk sensor dengan PCP modul umumnya mengaplikasikan sistem socket. Meski tergolong kuat dan tahan kerusakan, terkadang terdapat gangguan akibat lamanya pemakaian dari AC hingga membuat socket menjadi kendor atau longgar. Selain masa pemakaian, kotoran, debu maupun partikel lain yang menumpuk di bagian socket juga menyebabkan sensor AC menjadi kurang peka atau unresponsive.

b. Mata Sensor Terhalang Air

Masalah satu ini umumnya terjadi setelah AC dibersihkan, dimana terdapat air yang menggenang atau bagian sensor terciprat air saat dibersihkan sehingga membuat mata sensor terhalang oleh air. Anda dapat mengeringkan bagian sensor atau menunggu beberapa saat hingga bagian yang basah menjadi cukup kering.

Baca Juga : Remote AC Tak Berfungsi? Apa Saja Penyebabnya?

c. Mata Sensor Tertutup Cap Indoor

Setelah membersihkan AC dan memasang kembali bagian cap indoor, tidak jarang kita memasang dengan kurang tepat hingga menutup bagian sensor AC. Sensor yang tertutup ini menghalangi transmisi data dari remote menuju unit AC.

d. Sensor Lemah

Sensor lemah dapat diakibatkan oleh masa pemakaian yang sudah terlalu lama atau masa pemakaian yang salah. Guna mengatasi hal ini, Anda dapat mengganti bagian sensor yang lemah dengan sensor yang baru.

2. Baterai Habis

Salah satu penyebab remote AC tidak berfungsi adalah daya baterai yang habis. Dengan penggunaan setiap harinya, kita tidak jarang lupa mengganti baterai agar remote AC dapat bekerja dengan baik dan benar.

Sering mengecek kapan terakhir Anda mengganti unit baterai serta meneliti tanda-tanda baterai lemah pada remote AC – seperti layar berkedip, pudarnya warna pada layar remote AC, dapat menjadi indikasi Anda perlu mengganti baterai remote AC dengan segera.

3. Remote AC Rusak

Penyebab lain dari remote AC yang tidak berfungsi mungkin karena remote AC yang tidak dapat Anda gunakan atau sudah rusak. Kerusakan pada remote AC dapat ditunjukkan dengan munculnya bercak hitam pada bagian layar. Kerusakan dapat terjadi akibat pemakaian yang sudah terlalu lama, atau remote AC sering terbentur atau terhantam sesuatu dengan cukup keras hingga merusak bagian sensor.

Selain itu, infrared remote AC yang rusak juga dapat merusak remote AC secara keseluruhan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengganti remote AC yang rusak dengan unit yang baru.

Mengatasi Remote AC Tidak Berfungsi

1. Membawa ke Service Center

Apabila unit AC Anda masih dalam masa garansi, maka Anda dapat membawa remote AC yang rusak menuju service center dari merk AC yang dibeli. Disana, Anda dapat menanyakan penyebab kerusakan pada remote AC sekaligus mendapatkan solusi dari pihak service center.

2. Mengganti Remote AC

Cara lain untuk mengatasi remote AC yang mengalami kerusakan adalah dengan membeli unit remote AC baru. Saat ini, banyak sekali yang menjual remote AC universal yang kemudian dapat Anda atur menyesuaikan dengan jenis dan merk dari AC yang Anda miliki. Tapi perlu Anda perhatikan, tidak semua remote AC universal dapat menyesuaikan dengan jenis AC Anda. Jika beruntung, Anda dapat membeli remote AC baru di service center merk AC yang Anda beli.

Baca Juga : Kenali Fungsi dan Menu pada Remote AC Agar Hemat Listrik

3. Menggunakan Aplikasi Remote AC

Dengan kecanggihan teknologi, Anda dapat mengatur suhu AC melalui ponsel pintar. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi remote AC dan menyesuaikan remote AC tersebut dengan jenis dan merk AC yang Anda gunakan dalam satu kali klik. Cara ini jauh lebih mudah daripada dengan membeli remote AC yang baru.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin