Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli AC Baru – Kondisi cuaca yang panas membuat banyak orang berpikir untuk memasang AC. AC memang efektif untuk mendinginkan ruangan ketika ruangan tersebut tidak bisa kita atasi dengan kipas angin. Dengan memasang AC, ruangan menjadi lebih sejuk. Kita juga bisa lebih berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas atau melakukan aktivitas karena kita tidak perlu terganggu dengan kondisi ruangan yang panas.

Baca Juga : Mau Beli AC Rumah? Simak Dulu Tipsnya!

Meskipun sebenarnya mereka tahu bahwa memasang AC akan menyebabkan biaya listrik meningkat, namun tidak ada pilihan lain. Terlebih lagi kita akan mendapatkan kenyamanan menyalakan AC sehingga kenyamanan adalah hal yang lebih penting. Selain itu, saat ini juga sudah banyak AC yang menawarkan watt rendah. Jadi memasang AC karena takut biaya listrik membengkak seharusnya bukan menjadi penghalang.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pasang AC

Sebelum pasang AC, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Terkadang banyak orang yang langsung memutuskan untuk memasang AC tanpa memperhatikan beberapa hal seperti yang akan kami bahas di bawah ini.

1. Gunakan AC Split

Sebelum memutuskan untuk memasang AC, kamu perlu tahu jenis AC. Pilihlah jenis AC yang sesuai dengan kebutuhanmu. Beberapa jenis AC yang beredar di pasaran seperti AC standing floor dan AC split. Jika kamu ingin membeli AC yang nantinya kamu pasang di ruangan rumah, maka gunakanlah AC split.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Jenis AC

Sementara itu, jika AC yang ingin kamu beli agar bisa mendinginkan beberapa ruangan, maka belilah AC split ductless tunggal. Jenis AC yang satu ini memang efektif untuk mendinginkan beberapa ruangan dalam waktu bersamaan.

2. Memperhatikan Letak Pemasangan

Setelah menentukan jenis AC yang akan kamu beli, hal kedua yang harus kamu perhatikan ketika pasang AC adalah tempat di mana AC tersebut akan kamu pasang. Pastikan kamu memasang AC di tempat yang tepat. Jangan memasang AC di depan pintu. Alasannya karena udara bisa lebih mudah keluar ruangan. Selain itu, AC yang akan dipasang tersebut usahakan tidak terlalu mepet ke plafon. Dengan begitu, udara yang keluar bisa maksimal.

Baca Juga : Posisi Terbaik untuk Pasang AC di Rumah

Lalu bagaimana jika AC tersebut akan dipasang di kamar? Kamu perlu tahu berapa PK yang sesuai untuk kamarmu. Pilihlah AC split yang memiliki 3/4 sampai dengan 2 PK serta suhunya kurang lebih 23 sampai 24 derajat celcius. Sementara itu, jika ingin memasang AC di ruang keluarga atau ruang tamu, maka pilihlah AC dengan PK 1 sampai dengan 2 sementara suhunya mencapai 23 sampai dengan 26 derajat celcius.

3. Pilih dengan Fitur yang Mudah Digunakan

Seperti yang kamu tahu bahwa ada banyak AC yang dijual dari berbagai merek. Setiap AC menawarkan fiturnya masing-masing dan tentunya harganya pun berbeda-beda. Jadi, di sini kamu harus memilih AC dengan fitur yang mudah untuk kamu gunakan. Misalnya membeli AC yang menampilkan LED berukuran besar serta mudah terbaca. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan membaca berapa suhu AC tersebut.

Baca Juga : Beli AC Baru atau Bekas, ya? Simak Tipsnya

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan tombolnya. Pastikan tombolnya lebih tinggi sehingga lebih nyaman untuk kamu tekan. Jadi, sebelum membeli AC tersebut kamu perlu mengecek apa saja fiturnya dan apakah fitur-fitur tersebut memang bermanfaat untuk kamu gunakan sehari-hari atau tidak.

4. Pilih AC Hemat Listrik

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa saat ini ada banyak AC yang hemat listrik. Ini sangat bermanfaat untuk menekan biaya listrik agar tidak membengkak setelah memasang AC. Kamu bisa memilih AC low watt dengan rumah yang memiliki kapasitas listrik kecil. Kamu juga bisa memilih AC inverter yang akan mendinginkan suhu di ruangan dalam waktu cepat. Untuk penggunaan pertamanya juga cukup rendah yaitu 1/3 lebih rendah dari AC low watt.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merek AC Dengan Watt Terkecil

Jangan lupa untuk membeli AC yang sudah lengkap dengan fitur otomatis auto. Jadi, AC tersebut akan otomatis mati ketika suhu sudah dingin. Kemudian AC akan menyala kembali ketika suhu sudah mulai panas.

Demikian beberapa tips penting sebelum kamu memutuskan pasang AC. Sekarang waktunya beli AC terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa setelah itu percayakan pemasangan AC kamu dengan layanan jasa teknisi AC AbangBenerin karena pemasangan awal AC akan berpengaruh dalam kinerja AC-mu seterusnya.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin