Pengertian Kondensor AC serta Fungsinya – Sama seperti alat elektronik pada umumnya, AC atau pendingin ruangan terdiri dari berbagai komponen penting yang kerjanya berkaitan satu sama lain. Jika salah satu bagian mengalami gangguan atau kerusakan, maka dapat mempengaruhi kinerja komponen lain dan AC sebagai suatu unit, serta menyebabkan kerusakan yang parah apabila tidak segera ditindak lanjuti.

Baca Juga : Pahami Cara Kerja Komponen Utama AC Rumahan, dan Fungsinya

Salah satu komponen pada AC adalah kondensor. Mungkin masih banyak dari pembaca yang belum mengerti apa itu kondensor AC rumah dan bagaimana fungsinya pada unit AC. Tenang, kali ini kami akan membahas sedikit mengenai kondensor AC rumah dan apa saja fungsinya.

Mau tahu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Kondensor

AC atau pendingin ruangan sendiri terdiri dari empat bagian. Yakni komponen utama, komponen pendukung, komponen kelistrikan serta komponen pendingin. Kondensor sendiri termasuk dalam kategori komponen utama pada AC.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya!

Yang dimaksud dengan kondensor adalah suatu alat yang berfungsi sebagai penukar kalor atau panas, yag mengubah bentuk refrigerant dari bentuk gas menjadi cair, serta berfungsi untuk menurunkan suhu tempratur pada refrigerant.

Fungsi Kondensor

Sebagai pendingin, umumnya menggunakan udara sebagai media pendinginan. Sekian jumlah kalor yang terdapat dalam refrigerant kemudian dilepaskan ke udara dengan media atau bantuan dari kipas motor pada unit pendingin ruangan.

Bagian pipa pada kondensor AC memiliki bentuk berliku-liku serta sirip bertujuan agar pelepasan kalor atau panas lebih cepat. Dengan fungsinya yang sangat penting bagi proses pendinginan, sangat penting untuk dilakukan pembersihan bagian sirip pipa kondensor secara rutin agar perpindahan panas atau kalor dari refrigerant tidak mengalami gangguan.

Baca Juga : Komponen AC Rumahan dan Fungsinya

Jika bagian sirip pada kondensor dibiarkan dalam keadaan kotor dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut dapat mengakibatkan menurunnya kinerja pendingin ruangan yang membuat AC Anda menjadi tidak dingin saat Anda gunakan. Letak dari kondensor ada pada bagian unit outdoor AC karena fungsinya sebagai pembuang panas. Setelah refrigerant berubah ke bentuk zat cair akibat pengembunan, maka cairan tersebut akan mengalir ke pipa evaporator untuk dibuang.

Pembersihan Kondensor

Seperti yang tertera di atas, kondensor sebagai komponen penting pada pendingin ruangan perlu Anda jaga kebersihan dan fungsinya. Supaya AC tetap bekerja dengan baik untuk menyejukkan ruangan.

Untuk membersihkan bagian kondensor yang terletak di bagian outdoor AC, ada baiknya Anda menggunakan bantuan atau jasa dari teknisi AC yang lebih mengerti tiap komponen dan cara membersihkan masing-masing komponen dengan baik.

Baca Juga : Tanda-Tanda Kamu Harus Cuci AC dan Melakukan Penanganan

Meski letaknya di luar dan lebih tahan terhadap berbagai kerusakan, bagian outdoor pendingin ruangan juga memerlukan pembersihan secara rutin seperti bagian indoor AC. Ini untuk memaksimalkan kinerja serta menjaga komponen dari berbagai kerusakan akibat kotoran, sampah maupun jamur yang menumpuk.

Saran Lainnya

Anda dapat menjadwalkan pembersihan pendingin ruangan secara menyeluruh setiap enam bulan sekali. Apabila Anda mempunyai hewan peliharaan berbulu, berada dalam satu ruangan dengan pendingin udara, Anda dapat lakukan pembersihan lebih awal. Misalnya tiap tiga atau empat bulan sekali. Hal ini karena bulu halus dari hewan peliharaan dapat menumpuk pada bagian filter dan komponen penting lainnya. Ini bisa menghambat pendinginan AC. Bulu halus hewan lebih cepat menggumpal dan menyumbat filter daripada dengan debu.

Selain untuk pemilik hewan peliharaan, Anda yang sering merokok di dalam ruangan juga dapat menjadwalkan pembersihan pendingin ruangan lebih awal. Zat sisa dari asap rokok dapat menyebabkan kotoran serta menghambat kinerja AC. Ada baiknya merokok di luar ruangan untuk memperpanjang masa pemakan AC Anda.

Selain pembersihan, pengecekan dan servis AC sangat Anda perlukan secara rutin. Hal ini untuk memastikan apakah ada gangguan atau memeriksa tiap komponen masih bekerja dengan efisien atau tidak. Terutama pada bagian kondensor yang berguna sebagia pelepas panas. Apabila terjadi penyumbatan atau kerusakan pada kondensor, maka dapat menurunkan pendinginan dan kinerja AC secara keseluruhan.

Menjadwalkan servis dan pembersihan secara rutin dengan teknisi AbangBenerin jauh lebih murah daripada melakukan servis AC akibat kerusakan parah. Lebih buruk lagi, jika Anda harus mengganti unit AC dengan yang baru karena kerusakan tersebut.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin