Ini Dia Pengertian AC Beserta Fungsinya! – Indonesia dengan dua musim yang mendominasi dengan hawa panas ini memerlukan penyejuk ruangan untuk membantu dalam kegiatan sehari-hari. Sebut saja seperti kipas angin dan air conditioner atau AC. Jenis pendingin ruangan AC memiliki beragam jenis dan fitur yang berbeda antara alat yang satu dengan yang lain, atau dari merk satu dengan merk lainnya.

Baca Juga : Apa Itu Air Conditioner? Kenali Fungsi, dan Keuntungan Menggunakannya!

Pada artikel ini, kami akan memberi sedikit informasi mengenai pengertian serta fungsi dari air conditioner. Mau tahu? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Pengertian AC

Pengertian Air conditioner atau dengan singkatan AC ialah suatu alat atau mesin yang dapat membantu mengatur suhu dalam ruangan, mengatur kelembapan serta kualitas udara pada ruangan tersebut.

Dalam sejarahnya, pendingin ruangan atau AC ini pertama kali ada pada masa Romawi Kuno dan Persia di abad pertengahan. Kemudian, pendingin modern muncul sebagai dampak dari kemajuan dalam ilmu kimia selama abad ke-19. Selanjutnya, pendingin udara skala besar dengan daya listrik pertama ditemukan serta digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

Baca Juga : Apa Saja Penyebab AC Rumah Anda Lebih Cepat Rusak?

Selain menjadi penyejuk ruangan, ternyata air conditioner atau AC juga dapat berfungsi sebagai penghangat ruangan. Ini bergantung pada kondisi dan kebutuhan dalam ruangan tersebut.

AC atau pendingin ruangan ini dapat Anda gunakan dengan skala kecil – seperti AC rumahan di perumahan atau restoran berskala kecil. Penggunaan dengan skala besar seperti pada restoran, hotel, rumah sakit, hingga pusat perbelanjaan atau mall.

Penggunaan pendingin ruangan pada fasilitas umum tersebut bertujuan menambah rasa nyaman dan aman dari para pengunjung. Sehingga merasa nyaman untuk menghabiskan waktu di dalam ruangan tersebut. Selain itu, penggunaan AC juga banyak pada gedung perkantoran. Gedung perkantoran di dalamnya terdapat banyak manusia dan alat elektronik yang mudah panas – seperti komputer, laptop, dan lain sebagainya.

Sehingga AC juga dapat membuat alat elektronik bekerja lebih baik dengan suhu yang selalu stabil tanpa perlu menjadi panas dan rentan terhadap berbagai kerusakan.

Fungsi AC

Air conditioner atau pendingin ruangan dapat Anda gunakan sebagai pengatur suhu ruangan, pengatur tingkat kelembapan udara, serta menjadi penyaring kualitas udara pada suatu ruangan atau area.

a. Pengatur Suhu Udara

Pada AC, kita dapat menaikkan dan menurunkan suhu ruangan dengan bantuan remote AC yang akan mengirimkan sinyal perintah. Sehingga suhu pada AC dapat berubah sesuai dengan yang kita inginkan. Sejatinya, AC berguna sebagai pendingin ruangan atau membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Namun pada beberapa kondisi, AC dapat digunakan sebagai pemanas ruangan.

Baca Juga : Udara AC Panas? Ini Sebabnya

AC akan mendinginkan ruangan sesuai dengan suhu yang kita inginkan dalam beberapa waktu tertentu. Setelah mencapai suhu tersebut, kinerja AC akan sedikit lebih santai daripada saat pertama kali Anda nyalakan.

Suhu pada AC muali dari yang paling rendah, yakni suhu 16 derajat Celcius dan yang paling tinggi yakni mencapai angka 30 derajat Celcius.

b. Pengatur Kelembapan Udara

Selain mengatur suhu udara pada ruangan atau area tertentu, AC atau pendingin ruangan juga dapat bekerja sebagai air humidifier yang menambah kelembapan atau mengurangi tingkat kelembapan dalam ruangan.

Untuk mendapatkan pendinginan maksimal dengan tingkat kelembapan yang tinggi, Anda dapat menggunakan mode cool atau mode dingin pada AC. Mode tersebut memungkinkan ruangan Anda memiliki suhu yang sejuk dan dingin dengan tingkat kelembapan udara yang cukup tinggi.

Baca Juga : Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah

Sedangkan untuk mencapai kelembapan udara yang minim, Anda dapat menggunakan mode dry atau mode kering. Mode ini akan menyerap kelembapan udara berlebih yang membuat ruangan Anda terasa pengap. Biasanya banyak yang menggunakan mode ini pada saat musim hujan tiba. Mode dry akan membuat udara di sekitar Anda menjadi lebih kering dan nyaman untuk digunakan.

c. Pengatur Kebersihan dan Kualitas Udara

Terdapat komponen filter yang berfungsi untuk menyaring berbagai macam parasit, debu dan kotoran. Penyaringan ini sangat berguna sehingga tidak masuk ke dalam ruangan dan membuat udara di ruangan tersebut menjadi lebih sehat. Dengan kinerja tersebut, filter harus rutin Anda bersihkan agar tidak ada kotoran atau debu yang menumpuk hingga menyebabkan kualitas udara menurun. Selain itu, adanya tumpukan debu dan kotoran pada bagian filter dapat menghambat proses pendinginan AC sehingga udara dingin menjadi tidak maksimal.

Selain filter penyaring debu, beberapa jenis dan merk AC menghadirkan pendingin ruangan yang mampu menyaring kualitas udara dengan fitur tertentu sehingga udara dalam ruangan dimana AC dipasang terbebas dari segala bakteri, jamur dan parasit lainnya yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Maka dari itu, AC juga baik digunakan untuk penderita asma atau sesak napas dengan menyaring kualitas udara menjadi lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan pendingin ruangan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin