Manfaat Lain AC Selain Menyejukkan Ruangan – Air conditioning (AC) memang jelas bertujuan untuk mengatur suhu ruangan, karena itu fungsi utama dari AC adalah untuk menyejukkan ruangan. Namun, apakah hanya itu manfaat AC? Ternyata, ada banyak manfaat lain AC selain menyejukkan ruangan. Itu kenapa Anda membutuhkan AC di rumah Anda. Namun, agar kinerja AC bisa tetap maksimal, Anda mesti memastikan bahwa proses perawatan AC Anda, seperti service dan cuci AC, harus Anda lakukan secara rutin dan berkala.

Salah satu manfaat utama dari AC adalah menghindari tubuh dari serangan heatstroke. Heatstroke adalah salah satu kondisi yang kerap menyerang tubuh karena terpapar suhu yang panas dalam durasi yang tidak sebentar. Karena itu, suhu tubuh naik ditambah dengan berbagai kondisi lainnya, seperti dehidrasi, dan sebagainya.

Heatstroke sangat besar kemungkinannya terjadi pada orang-orang yang tinggal di daerah tropis, khususnya di musim panas. Cuaca yang panas, kadang-kadang di atas 30 derajat Celcius, sangat berisiko membuat seseorang terserang heatstroke. Karena itu, AC sangat dibutuhkan untuk menurunkan suhu tubuh Anda yang terpapar cuaca panas terus menerus.

Sebab, heatstroke bisa mengakibatkan Anda pingsan dan tubuh menjadi lebih panas, yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karena itu, manfaat utama dari AC adalah menghindarkan Anda dari kondisi tersebut.

Punya Bayi, Pertimbangkan Menggunakan AC

Selain itu, Anda akan sangat membutuhkan AC apabila Anda memiliki bayi atau balita di rumah. Hal itu karena bayi masih belum begitu sempurna proses adaptif tubuhnya terhadap suhu sekitarnya. Karena itu, bayi terutama yang baru lahir, akan masih sangat sulit untuk menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu sekitarnya.

Dengan demikian, sangat penting untuk tetap menjaga suhu tubuh bayi tetap normal dengan menggunakan AC. Apalagi, heatstroke misalnya, atau dehidrasi, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang bisa tubuh bayi terima dalam cuaca panas bisa menyebabkan bayi menjadi kurang nyaman, bahkan dampak buruknya bisa lebih parah dari itu.

Anda mesti pertimbangkan untuk memiliki AC di rumah bila Anda memiliki bayi dan suhu di daerah Anda terlampau panas. Misalnya, Anda tinggal di kota besar, atau daerah pinggiran pantai (dataran rendah) yang memiliki suhu lebih tinggi.

Menjaga Kesehatan Pernapasan

AC akan sangat baik untuk menjaga kesehatan pernapasan Anda, karena itu akan tetap menjaga kesehatan paru-paru Anda. Apabila Anda tinggal di kota besar, tentunya ketika keluar rumah, atau keluar ruangan, Anda akan menemukan kondisi luar yang sangat tidak baik.

Tingkat polusi yang tinggi, debu di jalanan, cuaca panas, dan sebagainya membuat udara yang masuk ke tubuh juga tidak sehat. Hal itu bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit lainnya.

Meski demikian, sangat penting mempertimbangkan AC tetap dalam kondisi prima untuk memastikan kesehatan pernapasan Anda. AC harus benar-benar dalam kondisi bersih, sehingga udara yang keluar juga benar-benar steril. Karena itu, proses service dan cuci AC harus Anda lakukan secara rutin.

Baca Juga : Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah 

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sering bermasalah karena kurang tidur? Maka AC akan sangat berguna bagi Anda. AC akan sangat berdampak pada kualitas tidur, karena berkaitan langsung dengan suhu ruangan Anda. Biasanya, penyebab susah tidur salah satunya karena cuaca malam yang terlalu panas membuat Anda tidak nyaman.

Maka dari itu, cuaca yang lebih sejuk akan membuat Anda lebih mudah tertidur dan tidur lebih berkualitas. Tentunya, penting juga mempertimbangkan posisi AC di dalam kamar agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Pertimbangan lain adalah suhunya yang tidak terlalu rendah, agar Anda terhindar dari menggigil karena kedinginan. Terlalu panas dan terlalu dingin juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan Anda.

Baca Juga : Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah 

Itu tadi beberapa fungsi dan manfaat AC untuk Anda, selain hanya sekedar menyejukkan ruangan. Terpenting, untuk menjaga sirkulasi udara yang AC Anda hembuskan tetap sempurna dan steril, pastikan Anda selalu membersihkan dan mencuci AC dengan rutin.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin