Kapan Sebaiknya Anda Isi Freon AC? – Jika berbicara tentang freon, pasti yang ada di benak kita adalah AC. AC memang telah menjadi kebutuhan masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk. Dengan adanya AC, ruangan akan terasa lebih sejuk sehingga membuat aktivitas pun menjadi lebih nyaman. Meskipun begitu, memiliki AC di rumah juga harus mengetahui beberapa hal penting. Salah satunya adalah terkait kapan kamu harus mengisi freon.

Baca Juga : Ganti Freon AC? Selalu Perhatikan Ini, Ya

Dikarenakan freon AC merupakan komponen yang menghasilkan udara dingin, ketika freon habis maka AC akan kehilangan kemampuannya untuk membuat ruangan sejuk. Jadi, kamu harus rutin mengecek AC terutama bagian freon dan cek apakah sudah waktunya diisi atau belum untuk mengetahui kapan sebaiknya kamu isi freon AC.

Kapan Sebaiknya Mengisi Freon AC?

Kapan waktu terbaik untuk mengisi freon AC yang habis? Faktor penting yang menentukan kapan kamu harus mengisi freon adalah seberapa sering kamu menggunakan AC. Jadi, semakin sering kamu menggunakan AC maka semakin cepat pula freon tersebut habis. Maka dari itu, penggunaan AC juga sebaiknya jangan berlebihan. Dengan begitu kamu tidak akan sering-sering mengisi freon.

Baca Juga : Ketahui Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Isi Freon

Yang tidak kalah penting adalah penggunaan AC yang berlebihan hanya akan membuat performa AC bisa menurun. Kamu harus tahu kapan harus menggunakan AC dan kapan tidak perlu. Jika kamu tetap menggunakan AC tanpa henti, pastinya freon akan cepat habis.

Kondisi yang Mengindikasikan Freon AC Habis

Terdapat beberapa kondisi di mana ini merupakan waktu yang tepat untuk kamu mengisi freon AC. Biasanya kondisi tersebut berhubungan dengan AC yang bocor. Kebocoran yang terjadi mengakibatkan freon cepat habis dan bahkan keluar semua. Hasilnya, kamu harus mengisi ulang freon.

Ciri yang umum terjadi adalah kamu akan melihat adanya gumpalan bunga es. Bunga es inilah yang selanjutnya akan menetes ke evaporator yang kemudian berakibat pada pipa yang mengalami kebocoran. Bunga es ini terjadi karena adanya proses kondensasi yang terjadi karena tekanan pada freon AC rendah.

Baca Juga : Penyebab Pipa AC Beku dan Keluar Bunga Es

Bukan hanya freon saja yang perlu kamu ganti. Pipa yang mengalami kebocoran pun juga harus kamu ganti. Masalah lainnya yang kerap muncul adalah berkaitan dengan proses pemasangan pipa. Kemungkinan ketika proses instalasi pipa, ada bagian yang tertekuk atau bengkok lalu patah. Maka dari itu, penting di sini untuk memanfaatkan jasa servis AC yang handal agar permasalahan freon AC habis karena pemasangan pipa yang tidak tepat bisa kamu hindari.

Kamu juga harus memastikan bahwa pipa pada AC tersebut memiliki kualitas yang bagus. Di sini kamu juga bisa bertanya kepada teknisi apakah kualitas pipanya memang sudah bagus atau belum. Meskipun begitu, sebenarnya masih ada masalah yang lebih berat lagi yang membuatmu harus mengisi freon. Masalah ini masih berhubungan dengan kebocoran pipa. Namun yang bocor adalah pipa bagian dalam.

Baca Juga : Jangan Buru-Buru Isi Freon! Ini Pertanda Kalau Freon AC Habis

Pipa tersebut biasanya terletak di evaporator. Jika pipa ini tidak rutin dibersihkan, maka bisa menyebabkan banyak kotoran yang menumpul, terjadi korosi, dan bahkan bisa rusak. Tentu saja kamu tidak ingin hal ini terjadi agar kamu tidak terus-terusan mengisi freon.

Kondisi Lainnya yang Membuatmu Harus Mengisi Freon

Selain berbagai kondisi yang sudah kami sebutkan di atas, masih ada kondisi lain yang membuat freon AC habis. Kondisi ini juga berkaitan dengan pipa yaitu pada pipa flaring atau sambungan. Pipa ini juga rawan bocor sehingga kamu perlu memperbaikinya. Tidak perlu khawatir karena sebenarnya perbaikan flaring masih mudah untuk dilakukan.

Baca Juga : Sering Diabaikan! Berbahayakah AC Bocor Dibiarkan Terus Menerus?

Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya kebocoran adalah kualitas pipa yang kurang bagus atau bisa juga karena pemasangan pipa yang kurang tepat.  Selain itu, kamu juga harus memperhatikan ketika ada tukang servis AC yang menawarkan pengisian freon setelah selesai mencuci AC. Jika kamu ditawari hal tersebut, silakan tanya terlebih dahulu apakah terdapat kebocoran atau tidak.

Maka dari itu, kamu harus memilih teknisi yang profesional AbangBenerin. Karena AbangBenerin merupakan jasa servis AC yang memiliki reputasi yang baik dengan kualitas teknisi yang handal.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai kapan sebaiknya mengisi freon. Setelah mengetahui informasi ini, kamu bisa memperkirakan sendiri apakah memang sekarang sudah waktunya mengisi freon atau belum.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin