Kondensasi AC Indoor? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya! – Dengan intensitas penggunaan yang tinggi, AC atau pendingin ruangan seringkali mengalami berbagai gangguan. Seperti AC bocor, mampetnya saluran pembuangan air AC, adanya korsleting, dan lain sebagainya. Salah satu gangguan yang ada pada AC adalah munculnya fenomena kondensasi atau pengembunan.

Baca Juga : Kondenasi AC Apakah Berbahaya untuk AC?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai kondensasi pada unit AC indoor, penyebab serta cara mengatasi fenomena tersebut. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasan di bawah ini ya!

Apa Itu Kondensasi?

Kondensasi adalah suatu proses pengembunan – udara atau zat gas berubah menjadi air atau es. Proses pengembunan atau kondensasi ini perlu Anda perhatikan karena termasuk dalam sesuatu yang tidak normal pada pendingin ruangan. Hal ini karena output pada AC adalah menghasilkan udara, bukan cairan.

Baca Juga : Pengertian Kondensor AC serta Fungsinya

Meski pendingin ruangan juga menghasilkan air sebagai sisa dari proses pendinginan, namun dalam jumlah yang normal. Adanya kondensasi, pengembunan pada AC ini dapat menjadi pertanda bahwa terdapat gangguan atau kerusakan pada unit pendingin ruangan Anda. Kerusakan ini harus segera Anda perbaiki agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada komponen lain. Kondensasi atau pengembunan ini juga membuat proses pendinginan pada AC Anda menjadi tidak optimal.

Penyebab Kondensasi

Munculnya fenomena pengembunan atau kondensasi AC indoor dapat terjadi karena berbagai alasan atau penyebab. Anda perlu mengetahui berbagai penyebab ini agar dapat mengatasi kondensasi serta mencegah munculnya kondensasi kembali pada AC Anda.

Penyebab tersebut antara lain:

1. Refrigerant Overcharge

Penyebab pertama yakni refrigerant overcharge. Refrigerant – atau yang lebih kita kenal dengan freon dapat mengalami gangguan, terutama pada musim hujan. Masalah yang ada pada umumnya adalah freon atau refrigerant yang tidak dapat mencair sehingga menyebabkan adanya refrigerant overcharge ini.

Baca Juga : Perlu Diketahui! Kenali Perbedaan Jenis Freon AC

Refrigerant atau freon pada AC adalah suatu cairan yang mengalir ke dalam sistem pendingin ruangan. Fungsinya sebagai penyerap udara panas atau kalor pada ruangan, sehingga suhu pada ruangan menjadi lebih sejuk atau lebih dingin.

Akibat dari refrigerant overcharge ini yaitu dapat menyebabkan munculnya tetes embun di bagian katup layanan. Kemudian tetes embun tersebut akan menetes ke bawah. Tetes embun dari kelebihan freon atau refrigerant overcharge ini akan menempati ruang kondensor. Freon mengalami overcharge dan terjadi pengembunan atau kondensasi.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan pengisian ulang pada freon atau refrigerant sesuai dengan standar tekanan yang pendingin ruangan butuhkan, serta Anda dapat melakukan pengecekan refrigerant atau freon secara rutin.

Apabila kegiatan pengecekan ini terlalu menghabiskan banyak waktu sedangkan kegiatan Anda sudah cukup padat, maka Anda dapat memanfaatkan jasa atau layanan service AC yang terpercaya untuk melakukan pengecekan sekaligus perawatan AC secara rutin guna menghindari berbagai jenis kerusakan pada pendingin ruangan.

2. Perubahan Suhu di Pipa AC

Penyebab kedua adanya kondensasi atau pengembunan pada AC yakni adanya perubahan suhu pada bagian pipa AC Anda. Hal ini umum terjadi pada musim hujan. Pipa Ac dapat mengalami perubahan suhu yang signifikan.

Adanya perubahan suhu tersebut dapat terjadi karena perbedaan suhu di bagian dalam sistem pipa dengan suhu yang ada di bagian sekitar luar pipa. Terlebih saat musim penghujan, maka suhu dapat menjadi lebih rendah dan sangat berpengaruh pada pengembunan atau kondensasi pada AC Anda.

Baca Juga : Penyebab Pipa AC Beku dan Keluar Bunga Es

Solusi untuk masalah di atas adalah dengan melakukan kontrol kondensasi pada bagian pipa pendingin ruangan. Untuk dapat mengontrol kondensasi atau pengembunan pada pipa AC ini, Anda dapat mengganti bagian armflex pada pipa. Armflex adalah isolasi pipa AC yang memiliki kegunaan sebagai protektor atau pelindung suhu bagi pipa AC Anda.

Pada saat pemasangan armflex pada pipa, sebaiknya hindari munculnya celah pipa dengan bagian armaflex. Selain itu, ada baiknya armaflex dan pipa AC dibalut atau dilapisi dengan duct tape yang kuat agar keduanya lebih awet untuk digunakan.

AC yang mengalami kondensasi cukup merepotkan Anda sebagai pemilik pendingin ruangan. Hal ini dikarenakan adanya kondensasi atau pengembunan dapat membuat proses pendinginan pada ruangan dimana AC dipasang semakin menurun dan tidak efisien, serta munculnya berbagai kerusakan pada komponen lain dari AC hingga menimbulkan kerugian materi lainnya.

Baca Juga : Saluran Pembuangan Air AC Mampet? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk mencegah kerusakan seperti yang telah dijelaskan, maka Anda dapat menggunakan layanan service AC terpercaya untuk melakukan pemeriksaan serta perawatan rutin pada unit pendingin ruangan Anda. Perawatan yang rutin dapat memperpanjang masa pemakaian AC, serta menghindari AC dari berbagai masalah dan kerusakan lainnya.

Selain itu, perawatan yang baik juga dapat menghindarkan Anda dari kerugian materi atau biaya akibat mengganti biaya service AC dalam skala besar, atau yang lebih buruk, Anda harus mengganti unit AC Anda dengan yang baru.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin