AC Memercikkan Air Saat Dihidupkan? Pertanda AC Bocor? – Kondisi AC yang cukup berbahaya namun sering terjadi adalah air yang memercik ketika Anda menghidupkan AC. Tentunya, air memercik tersebut muncul dari AC indoor. Hal ini bisa jadi merupakan pertanda bahwa AC Anda bocor. Biasanya, hal ini terjadi karena AC tersebut tidak mendapatkan service AC secara berkala, atau setidaknya mendapatkan pembersihan rutin.

Dari beberapa kejadian yang pernah terjadi sebelumnya, rata-rata AC yang memercikan air tersebut adalah AC yang kotor dan tidak mendapatkan pembersihan lebih dari 6 bulan. Namun, ada juga beberapa jenis lainnya yang tidak mendapatkan service AC secara berkala lebih dari 3 bulan. Karena itu, hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari masalah ini adalah dengan melakukan pembersihan, perawatan, dan service AC secara berkala.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali 

Apakah AC indoor yang memercikkan air saat dihidupkan itu pertanda AC bocor? Bisa dikatakan sebagian besar kasus air yang menetes di AC indoor disebabkan karena kebocoran. Paling sering penyebabnya adalah kebocoran di pipa pembuangan air yang terhubung ke AC outdoor. Penyebab pertama karena pemasangannya yang kurang tepat. Bila masalah yang Anda temukan pada pipa pembuangan, bisa jadi karena pipa pembuangannya yang bocor, atau kemungkinan lain saluran drainasenya tidak terpasang dengan baik.

Baca Juga : Saluran Pembuangan AC Bocor? Apa Yang Harus Dilakukan 

Apabila masalahnya ada pada pembuangan air yang bocor, cara service AC tersebut adalah dengan menambal pipa pembuangan yang bocor itu menggunakan lem pipa. Penggunaan lem pipa bertujuan agar lebih tahan air, ketimbang menggunakan jenis lem lainnya. Atau, agar lebih aman Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti saluran pembuangan tersebut dengan yang baru.

Apabila masalahnya terletak pada pemasangan yang kurang sempurna, tentunya Anda bisa melakukan service AC pada posisi dudukan drainase tersebut, dan sesuaikan lagi dengan posisi yang paling tepat.

Penyebab Lain dan Cara Service AC

Penyebab air memercik dari AC lainnya adalah karena kondensasi pipa. Kondensasi terjadi karena suhu di dalam dan suhu di luar pipa tersebut terlalu signifikan perbedaannya. Seharusnya, pipa yang sudah terbungkus dengan armaflex bisa menghindarkan masalah tersebut.

Namun, apabila masih menetes, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan pergantian armaflex tersebut. Karena kemungkinan besar masalah terjadi pada armaflex yang melindungi atau membungkus pipa itu.

Masalah selain kondensasi pipa adalah adanya blok es di evaporator. Kemudian, blok es itu perlahan mencair sehingga membuat air memercik ketika AC Anda hidupkan, atau malah ketika dalam kondisi mati.

Baca Juga : Alasan Kenapa AC Bisa Mengalami Kondensasi

Masalah tersebut bisa jadi karena AC kurang freon. Maka cara terbaik untuk service AC tersebut adalah membersihkan blok es tersebut, lalu menambahkan freon pada AC.

Apabila masalah-masalah di atas sudah Anda perhatikan dan air masih menetes atau memercik ketika AC Anda nyalakan, berarti AC indoor dalam kondisi kotor. Maka solusinya adalah bersihkan AC Anda.

Sebenarnya, untuk membersihkan AC bisa saja Anda kerjakan sendiri dengan membuka AC menggunakan pipa, lalu bersihkan dengan pompa steam dan air. Namun, agar lebih aman, percayakan proses pembersihan berkala AC Anda pada jasa service AC yang berpengalaman. Hal itu bertujuan agar AC Anda tidak malah menjadi rusak karena proses pembersihan.

Salah satu penyebabnya adalah AC Kotor

AC yang kotor bisa saja karena debu, kotoran, juga karena jamur. AC yang berjamur justru akan membuat aroma yang tidak sedap dari AC dan berbahaya bagi kesehatan manusia. Apabila sudah tercium aroma yang tidak sedap dari AC, maka bisa Anda pastikan bahwa hal itu karena jamur dan bakteri yang menumpuk.

Saat wangi dari AC sudah muncul tidak sedap, maka itu berarti Anda sudah waktunya untuk melakukan service AC. Proses pembersihannya tentunya dengan membersihkan pipa dan saluran AC. Terpenting jangan sampai pipa pembuangan menjadi berwarna hitam, karena itu berarti jamur, atau tumbuhan sejenis sudah tumbuh di sana.

Sedangkan debu dan kotoran bisa saja mengendap di filter serta evaporator. Maka hembusan udara dingin dari AC akan menjadikan aromanya juga berbeda. Bila hal itu yang terjadi, maka proses service AC yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan filter dan evaporator tersebut.

Perhatikan pula apabila ada hewan tertentu yang masuk ke dalam AC dan mungkin meninggalkan kotoran, telur, dan sebagainya di dalam AC. Karena itu, lakukan pengecekan dan perawatan berkala pada AC agar lebih hemat dan awet.

Baca Juga : Waspada Gangguan Penyakit Akibat Udara Kotor di Rumah 

Itu tadi tips dan cara yang mesti Anda lakukan apabila AC Anda mulai mengeluarkan atau memercikkan air ketika Anda nyalakan. Untuk hasil terbaik, hubungi jasa service AC AbangBenerin untuk memastikan AC Anda tetap bisa menyala dengan baik dan tidak cepat rusak.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin