AC Baru vs AC Second, Mana yang Lebih Baik? – Ingin pasang AC tapi bingung apakah harus beli AC baru atau AC second? AC atau pendingin ruangan sudah menjadi kebutuhan yang harus kita penuhi. Banyak orang yang membeli AC, baik AC baru maupun AC bekas.

Baca Juga : Beli AC Baru atau Bekas, ya? Simak Tipsnya

Apa pun jenis AC yang kamu beli, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Karena baik AC baru dan AC second memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, kamu perlu teliti dalam memutuskan AC mana yang sesuai dengan keinginanmu.

Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli AC Baru

Jika kamu memutuskan untuk pasang AC baru, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Apa saja hal tersebut? Silakan menyimak informasi di bawah ini.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal pertama ketika hendak membeli AC baru adalah memastikan bahwa AC yang kamu beli tersebut sesuai dengan kebutuhan. Misalnya berkaitan dengan penggunaan PK. Perlu kamu tahu bahwa penggunaan PK yang kurang besar bisa mengakibatkan ruangan menjadi kurang dingin. Sebaliknya, ketika kamu membeli AC dengan PK yang terlalu besar, hal ini hanya akan membuat ruanganmu malah lebih dingin dari yang kamu harapkan.

Baca Juga : Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli AC Baru

Maka dari itu, faktor PK di sini memiliki peran penting untuk menentukan seperti apa AC yang akan sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu bingung, kamu bisa bertanya kepada penjual AC. Silakan tanyakan kira-kira mana AC yang sekiranya paling pas untuk dipasang di rumah.

2. Perhatikan Penggunaan Listrik

Sudah bukan hal baru lagi jika memasang AC akan berdampak pada biaya listrik yang naik. Bahkan penggunaan AC yang berlebihan bisa mengakibatkan biaya listrik membengkak dan naik dua kali lipat. Maka dari itu, di sini kamu harus benar-benar cermat dalam menyesuaikan AC yang akan kamu beli dengan penggunaan listrik.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Berapa sih Watt yang Dibutuhkan?

Gunakan AC sewajarnya saja dan jangan berlebihan. Biasanya AC cukup digunakan selama 7 sampai 8 jam per hari. Selain itu, kamu juga perlu membeli AC yang memiliki fitur mati otomatis. Fitur ini akan membuat AC mati dengan sendirinya ketika ruangan tersebut memiliki suhu yang cukup. Kemudian AC akan otomatis menyala ketika suhu pada ruangan sudah mulai panas.

Tidak kalah penting adalah kamu harus pasang AC low watt. Ini akan menghemat biaya listrik sehingga tidak sampai membengkak dan malah menyulitkanmu.

Tips Sebelum Pasang AC Second

Lalu bagaimana jika kamu memutuskan untuk membeli AC bekas? Tentu saja kamu harus benar-benar memilihnya secara berhati-hati. Mau bagaimana pun kondisi AC bekas, tetap tidak akan sama dengan kondisi ketika kamu baru membelinya di toko. Maka dari itu, penting untuk melakukan beberapa pengecekan seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Cek Bagian Luar

Bagian pertama yang harus kamu cek adalah luarnya. Di sini kamu perlu memastikan bahwa tidak ada goresan di permukaannya. Kamu juga harus mengecek apakah ada bodi yang sudah berkarat atau tidak. Kemudian lakukan pengecekan terhadap kondensor. Kamu harus mengecek apakah kondensor mengalami kebocoran atau tidak. Beberapa penyebab kebocoran adalah karena AC tidak divakum ketika proses pemasangan.

2. Cek Kinerja AC

Setelah mengecek bagian luarnya, yang harus kamu lakukan sekarang adalah mengecek kinerja dari AC tersebut. Caranya kamu tinggal menekan ON/OFF AC dan cek apakah AC tersebut dapat berfungsi dengan baik atu tidak.

Baca Juga : Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Error EC pada AC

3. Mengecek Suara

Bagian lain yang juga tidak kalah penting untuk kamu cek adalah suaranya. Jika kamu merasa bahwa suara yang keluar melalui lubang AC sudah halus, kemungkinan besar kualitasnya sudah diperbaiki. Sebaliknya, ketika suara AC malah terkesan keras dan berisik, kemungkinan AC tersebut bermasalah dan memutuskan untuk tidak membelinya.

4. Periksa Kelengkapan

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah mengecek kelengkapan dari AC tersebut. Kamu perlu mengecek apakah garansi AC atau sudah habis. Jika masih ada, mungkin kamu perlu melakukan servis AC tersebut agar kondisinya semakin bagus.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merek AC Dengan Watt Terkecil

Demikian informasi seputar apa saja yang perlu diperhatikan sebelum pasang AC baru maupun second. Sekarang kamu tinggal memilih ingin menggunakan AC yang mana. Pastikan AC  yang kamu gunakan berkualitas dan lakukan pemasangan AC dengan AbangBenerin. Kamu juga harus melakukan maintenance rutin minimal 3 bulan sekali untuk menjaga performa AC yang kamu miliki. Semoga bermanfaat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin