Apa Itu Air Conditioner? Kenali Fungsi, dan Keuntungan Menggunakannya! – Air Conditioner dengan singkatan AC atau dalam bahasa Indonesia berarti pendingin udara merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan untuk meredakan hawa panas dalam suatu ruangan atau area, terutama pada negara dengan suhu tinggi seperti Indonesia.

Baca Juga : Ini Dia Jenis Error Pada AC dan Cara Mengatasinya!

Di artikel kali ini, kami akan memberi pengetahuan seputar air conditioner termasuk pengertian, fungsi, serta keuntungan menggunakan air conditioner. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasan di bawah ini ya!

Apa Itu Air Conditioner?

AC atau air conditioner yaitu suatu alat atau mesin elektronik yang memiliki kegunaan mengatur suhu suatu ruangan, kelembapan serta kualitas udara di dalamnya. Pengaturan suhu ini umumnya berfungsi untuk membuat suatu ruangan menjadi lebih dingin atau sejuk, sehingga ruangan terasa nyaman.

Tidak hanya di rumah, air conditioner ini juga berada di gedung-gedung perkantoran, restoran, pusat perbelanjaan atau mall, sekolah, berbagai tempat umum, rumah sakit hingga hotel. Berbeda tempat pemasangan, maka berbeda pula jenis AC yang mereka gunakan, berdasar pada kebutuhan dan isi dari ruangan tersebut.

Baca Juga : Pengertian BTU AC dan Cara Menghitungnya

Selain menjadi pendingin ruangan, AC ternyata juga dapat difungsikan sebagai penghangat ruangan saat dibutuhkan. Namun, kebanyakan masyarakat di Indonesia lebih sering menggunakan air conditioner sebagai pendingin atau penyejuk ruangan.

Fungsi Air Conditioner

Pada umumnya, masyarakat mengenal fungsi air conditioner sebagai pendingin atau penyejuk udara. Ternyata, air conditioner memiliki beragam fungsi yang dapat Anda gunakan, seperti mengatur suhu, mengatur kelembapan, serta mengatur kebersihan dan kualitas udara.

a. Mengatur Suhu Udara

Fungsi utama dari AC yakni mengatur suhu udara sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan bantuan remote AC, kita dapat memberi perintah pada unit AC untuk membuat udara di ruangan atau area yang kita inginkan berubah pada suhu tertentu, seperti menjadi lebih dingin di suhu 16 derajat Celcius, atau dingin yang lebih nyaman di suhu 22 derajat Celcius.

Baca Juga : Komponen AC Yang Perlu Kamu Ketahui Jenis dan Fungsinya

Pada AC, suhu terendah berada di suhu 16 derajat Celcius, sedangkan suhu tertinggi berada di angka 30 derajat Celcius.

b. Menjaga Kelembapan Udara

Selain mengatur atau mendinginkan udara, fungsi lain dari air conditioner adalah untuk menjaga dan mengatur kelembapan udara. Apabila Anda memerlukan kelembapan udara ekstra pada ruangan Anda, maka dapat Anda atur suhu AC pada angka 24 hingga 26 derajat Celcius, atau dengan menggunakan mode cool.

Baca Juga : Mode Dry Merusak AC? Berikut Faktanya!

Saat Anda ingin menjaga kelembapan udara di tengah hawa lembap akibat musim hujan, Anda dapat merubah mode cool pada AC menjadi mode dry. Mode dry atau mode kering ini akan menyerap kelembapan berlebih pada ruangan sehingga udara lebih kering dan ruangan menjadi lebih nyaman untuk digunakan.

c. Membersihkan dan Meningkatkan Kualitas Udara

Fungsi ketiga yakni membersihkan dan meningkatkan kualitas udara pada ruangan Anda. Air conditioner sekarang ini telah lengkap dengan fitur filter udara yang dapat menyaring berbagai jenis kotoran dan debu di udara. Selain itu, terdapat fitur lain yang dapat meningkatkan kualitas udara dengan membunuh berbagai jenis bakteri berbahaya yang ada di udara.

Baca Juga : Apa Itu Mode Fan Pada AC? Ketahui Fungsinya!

Sehingga, udara dalam ruangan Anda menjadi lebih bersih dan berkualitas baik untuk digunakan berkegiatan sehari-hari. Guna menjaga kebersihan ini, Anda harus rutin melakukan pembersihan atau cuci AC sehingga komponen filter selalu terjaga kebersihannya.

Keuntungan Menggunakan Air Conditioner

1. Meningkatnya Kualitas Udara

Keuntungan pertama dari penggunaan AC yakni kualitas udara ruangan Anda yang lebih terjaga daripada dengan tidak menggunakan pendingin ruangan sama sekali. Hal ini karena adanya fitur AC yang lengkap dengan filter udara serta teknologi nanofilter pada beberapa jenis AC. Fitur ini memungkinkan kualitas udara AC lebih terjaga dari berbagai debu, kotoran, jamur serta bakteri berbahaya.

Untuk menjaga kualitas udara, Anda juga harus memperhatikan kebersihan AC dengan merawat dan membersihkan AC secara rutin.

2. Membantu Mudah Tidur

Untuk Anda yang mengalami susah tidur, mungkin memasang AC dapat menjadi solusi. Hal ini karena suhu dingin dan kelembapan yang pendingin ruangan berikan dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan lebih mudah mengantuk.

Baca Juga : Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Saluran Pembuangan AC

3. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat atau keuntungan ketiga dari penggunaan air conditioner yakni memancing produktivitas. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa penggunaan pendingin ruangan yang membuat suhu udara lebih dingin dan nyaman dapat meningkatkan kemampuan berpikir seseorang daripada berada dalam ruangan yang panas.

Udara panas membuat tubuh menghabiskan terlalu banyak tenaga untuk menurunkan suhu tubuh, serta hanya tersedia sedikit tenaga untuk berpikir. Maka dari itu, penggunaan AC yang dapat mengeluarkan hawa sejuk. Ini dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman sehingga lebih mudah bagi Anda untuk berkegiatan dan berpikir.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin