Perbedaan Air Purifier dan Air Conditioner – Kita seringkali mendengar bahwa Air purifier dan air conditioner (AC) adalah dua benda yang sama. Padahal, dua produk tersebut cukup berbeda, lho. Mungkin orang-orang banyak yang salah membedakan karena ada beberapa produk air purifier bentuknya mirip dengan air conditioner. Mengetahui perbedaan fungsi, jenis, dan cara pemakaian antara air purifier dan air conditioner tentu akan membantu anda untuk bisa membedakan dua produk tersebut.

Air purifier dan air conditioner juga bisa sangat mudah ditemukan di toko-toko elektronik maupun e-commerce online. Walaupun sebenarnya keberadaan mereka sangat umum, namun banyak orang masih jarang menggunakan air purifier di rumah mereka. Air conditioner (AC) menjadi produk elektronik yang lebih banyak digunakan karena membantu mendingin udara dalam suatu ruangan. Air purifier dan air conditioner perlu anda ketahui perbedaanya agar tidak salah beli.

Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai perbedaan purifier dan air conditioner yang perlu anda tahu. Kira-kira mana produk elektronik yang cocok untuk anda?

Apa itu Air Conditioner?

Air conditioner atau kita kenal sebagai AC ini memiliki fungsi untuk memberikan kenyamanan penggunanya dengan cara mendinginkan udara dalam suatu ruangan. Tujuan orang menggunakan air conditioner karena cuaca panas atau memang membutuhkan udara ruangan yang lebih dingin agar bisa bekerja dan beraktivitas dengan baik. Air conditioner juga bisa membuat ruangan terasa sejuk meskipun keadaan di luar panas ataupun lembab dan gerah.

Air conditioner memiliki fitur untuk merubah suhu ruangan, mengatur kelembaban udara di dalam ruangan, dan juga menyeimbangkan kualitas udara secara keseluruhan dalam ruangan. Fungsi utama dari AC adalah menghilangkan hawa panas dan menggantinya dengan udara sejuk yang dikeluarkan oleh AC.

Baca Juga : 8 Merk AC Terbaik dan Paling Irit

Apa itu Air Purifier?

Seperti yang kita ketahui, bahwa Air conditioner digunakan untuk mendinginkan udara dalam suatu ruangan. Air purifier ini berfungsi untuk membersihkan udara dalam suatu ruangan. AC tidak memiliki fungsi membersihkan udara, sehingga menggunakan air purifier ketika menggunakan AC bisa jadi cara yang tepat membuat kualitas udara dalam ruangan menjadi sehat dan segar. Air purifier dapat anda manfaatkan untuk faktor kesehatan yang mana memang dapat membersihkan udara dari bahaya polusi, debu, dan kuman.

Air purifier juga lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang memiliki isu kesehatan khusus yang membutuhkan kualitas udara dalam ruangan yang menyehatkan dan segar. Tentu hal ini menjadi keunggulan air purifier karena memiliki fungsi yang menyasar pada target pasar yang spesifik. Tak hanya itu, masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan polusi udara yang tinggi juga banyak yang telah menggunakan air purifier untuk membantu mereka mendapatkan kualitas udara yang sehat, bebas polusi, kuman, virus, dan bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan pernafasan maupun tubuh.

Perbedaan Air Purifier dengan Air Conditioner

Nah, setelah anda mengenal masing-masing dari produk elektronik di atas, apakah anda melihat perbedaannya? Air purifier dan air conditioner berbeda sekali.

Pertama, Air Purifier tidak memiliki system unit seperti Air Conditioner. Karena AC rumah anda memiliki bagian bernama indoor, outdoor, serta pipa, sedangkan air purifier hanya berfungsi untuk menjernihkan udara. Karena itu, bentuk air purifier lebih sederhana dan protable.

Kedua, Air purifier tidak mengeluarkan udara sejuk seperti air conditioner. Perbedaan inilah yang membuat fungsi dari dua alat elektronik ini berbeda juga. Air Conditioner atau AC memiliki unit outdoor yang dapat membantu unit indoor mengeluarkan udara yang menyejukkan seisi ruangan. Tentu berbeda bila anda menggunakan air purifier yang fungsinya hanya sebagai penjernih udara. Memang pada dasarnya air purifier tidak memiliki fungsi untuk menghilangkan hawa panas maupun kelembapan. Alat ini hanya membantu menyaring udara di sekitarnya agar terbebas dari polusi dan menjadi lebih bersih.

Baca Juga : Ini Pentingnya Cuci AC Tiga Bulan Sekali

Menggunakan air conditioner dan air purifier bisa menjadi kombinasi yang baik untuk menjaga kualitas udara di rumah anda. Banyak kelebihan air purifier yang tidak dimiliki oleh air conditioner dan begitu juga sebaliknya. Apakah anda sudah menggunakan dua produk elektronik ini di rumah anda?

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin