Apa Saja Penyebab AC Rumah Anda Lebih Cepat Rusak? – AC Anda sering mengalami gangguan atau kerusakan? Bingung apa saja penyebab AC rusak?

Pendingin ruangan yang mengalami kerusakan tentu menghambat kegiatan sehari-hari, seperti belajar, bekerja, hingga beristirahat. Terlebih memasuki musim kemarau seperti saat ini, AC yang rusak dapat mengganggu kenyamanan kita dalam berkegiatan.

Baca Juga : AC Rusak Tidak Mau Menyala? Berikut Solusinya

Nah, di artikel kali ini, kami akan membahas penyebab AC rusak agar Anda dapat menghindari berbagai penyebab kerusakan tersebut. Untuk selengkapnya, simak informasi di bawah ini ya!

Penyebab AC Rumah Cepat Rusak

Terdapat banyak faktor atau penyebab dari rusaknya AC di rumah Anda. Kerusakan yang ada dapat pula karena internal dari unit AC Anda, maupun faktor eksternal dari lingkungan tempat AC terpasang.

Untuk informasi selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

1. Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Apabila rumah Anda sering mengalami mati listrik atau termasuk dalam wilayah yang mengalami pemadaman bergilir, hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab AC rusak. Pendingin ruangan atau AC memerlukan aliran atau tegangan listrik yang stabil untuk dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga : Mau Pasang AC? Berapa sih Watt yang Dibutuhkan?

Tegangan listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan beragam kerusakan pada komponen AC, hingga menyebaban korslet dan kerusakan yang lebih parah lainnya. Hal ini dikarenakan AC memerlukan tegangan listrik yang lebih besar dibandingkan peralatan elektronik lainnya. Tidak hanya AC, peralatan elektronik lainnya di rumah Anda juga dapat mengalami kerusakan apabila tegangan listrik rumah terus-menerus tidak stabil. Guna menghindari hal ini, Anda dapat menyesuaikan beban listrik yang dimiliki dengan jumlah watt atau jumlah alat elektronik yang digunakan di dalam rumah.

2. AC Jarang Dibersihkan

Penyebab kedua dari AC rumah yang sering rusak adalah AC atau pendingin ruangan jarang Anda bersihkan. Meski untuk memiliki usia pemakaian yang panjang dan tahan terhadap berbagai kerusakan, AC tetap memerlukan service dan pembersihan secara rutin guna menghindari kerusakan.

Baca Juga : Penyakit Dari AC Kotor? Memang Bisa?

Saat ini, fungsi AC tidak hanya untuk memberi udara sejuk pada ruangan Anda, namun juga untuk menjernihkan udara di ruangan dimana AC ini dipasang. Selain itu, AC juga menyaring udara kotor sehingga kualitas udara di dalam ruangan lebih bersih dan udara lebih sejuk.

Dengan fungsi tersebut, AC dapat mengalami penumpukan debu dan kotoran sehingga menghambat kerja AC untuk terus menyaring dan memberi kualitas udara yang baik bagi Anda. Pembersihan atau service AC secara rutin setidaknya harus Anda lakukan tiga bulan sekali selama masa pemakaian AC. Untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan berbulu atau Anda yang sering merokok di dalam ruangan ber-AC, maka pembersihan dapat Anda adwalkan lebih cepat. Yakni sekitar tiga atau empat bulan sekali selama pemakaian AC

3. Membiarkan AC Terus Menyala

Menyalakan AC di musim panas tentu sangat menyenangkan dan menyejukkan. Berkegiatan di lingkungan dengan pendingin ruangan juga membuat Anda lebih nyaman dalam menyelesaikan pekerjaan atau sekedar beristirahat setelah menjalani banyak aktivitas.

Namun, kegiatan tersebut ternyata dapat memperpendek usia pemakaian AC Anda, loh. AC yang terus menyala dapat menjadi salah satu penyebab rusaknya AC. Intensitas pemakaian yang tinggi membuat AC bekerja lebih keras dari biasanya, terlebih apabila Anda memasang AC di suhu rendah secara terus-menerus. Hal tersebut dapat mempercepat kerusakan pada unit pendingin ruangan Anda.

Baca Juga : Pakai AC Bisa Tetap Hemat? Berikut Tips Menggunakan AC Dengan Benar

Matikan AC saat tidak digunakan atau saat Anda akan keluar ruangan dalam jangka waktu lebih dari setengah jam. Mematikan AC juga berarti memberi waktu istirahat bagi pendingin ruangan dan dapat memperpanjang masa pemakaian perangkat elektronik tersebut. Di sisi lain, menggunakan AC dengan seperlunya juga membantu berkontribusi pada penyelamatan lingkungan dan memperkecil efek pemanasan global yang kita rasakan saat ini.

4. Sering Mematikan dan Menyalakan AC

Selain membiarkan AC menyala dalam jangka waktu yang lama, mematikan dan menyalakan AC dalam jangka wkatu yang berdekatan juga membuat AC Anda cepat rusak. Hal ini dikarenakan kompresor yang bekerja lebih keras dengan menghantarkan daya dan energi dari sumber listrik ke unit AC secara terus-menerus.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatur Remote AC Agar Dingin dan Sejuk

Kerusakan pada kompresor dapat menyebabkan berbagai kerusakan lainnya, hingga paling buruk, Anda harus mengganti unit AC Anda dengan unit AC yang baru.

5. Freon Bocor

Penyebab terakhir yakni kebocoran pada freon atau refrigerant AC. Freon sendiri mempunyai fungsi sebagai zat pendingin udara yang membantu pertukaran udara panas menjadi udara dingin yang AC salurkan pada ruangan Anda.

Pada umumnya, freon atau refrigerant ini dapat bekerja selama 4 hingga 5 tahun sebelum kemudian membutuhkan pengisian ulang. Freon yang bocor menjadi salah satu gangguan yang umum ada pada kerusakan AC.

Baca Juga : Ganti Freon AC? Selalu Perhatikan Ini, Ya!

Salah satu tanda bahwa freon AC Anda mengalami kebocoran adalah munculnya bunga es seperti pada kulkas di bagian pipa sambungan unit indoor dengan unit outdoor. Kebocoran pada freon juga bisa karena pipa saluran yang bertugas mengalirkan udara dingin keluar tersumbat oleh debu maupun kotoran. Maka dari itu, perlu Anda lakukan pembersihan dan service AC dengan AbangBenerin untuk menghindarkan berbagai kerusakan pada unit pendingin ruangan Anda.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin