Outdoor AC Mati? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya! – Outdoor AC adalah bagian yang berada di luar ruangan. Salah satu komponen yang termasuk ke dalam outdoor AC adalah kompresor. Baik indoor maupun outdoor unit harus saling bekerja sama sehingga kamu harus selalu mengecek kondisi keduanya. Terkadang beberapa orang hanya fokus mengecek bagian indoor saja sehingga lupa mengecek outdoor AC.

Baca Juga : Penyebab Outdoor AC Mati dan AC Tidak Dingin

Jika terus-menerus seperti ini, maka unit outdoor bisa mengalami masalah. Misalnya outdoor AC yang mati. Ketika outdoor AC mati, maka AC atau unit indoor tidak bisa bekerja. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui apa saja yang menjadi sebab outdoor AC dan bagaimana cara mengatasinya.

Outdoor AC Anda Mati? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan bagian outdoor mati sehingga kamu perlu service AC.

1. Kabel Input Outdoor yang Sudah Putus

Penyebab utama yang mengakibatkan outdoor AC adalah kabel inputnya putus. Kabel input inilah yang menghubungkan antara unit indoor dan outdoor. Jadi, sebelum kamu memutuskan dan menduga adanya masalah yang lebih besar, kami menyarankan agar kamu melakukan pengecekan terhadap bagian kabel terlebih dahulu.

Yang perlu kamu lakukan yaitu menghidupkan AC. Tunggu beberapa menit hingga rangkaian PCB mengirimkan tegangan menuju unit outdoor. Kemudian kamu bisa mulai mengecek tegangan tersebut dengan menggunakan tespen. Jika sudah ada tegangan listriknya, kamu bisa mulai menuju outdoor.

Baca Juga : Outdoor AC Mati dan Tidak Dingin? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Di sini kamu harus memastikan apakah tegangan sudah masuk atau tidak. Jika tidak ada tegangan listrik yang masuk, kemungkinan masalah yang terjadi berasal dari kabel yang putus. Bisa juga masalah ini karena baut yang harus dikencangkan Kembali.

2. Thermistor Indoor Rusak

Jika kamu menemukan bahwa unit indoor tidak ada listrik yang dikirim ke outdoor, komponen yang harus kamu cek sekarang adalah thermistor. Thermistor merupakan sebuah komponen AC yang bekerja dengan berdasarkan suhu ruangan. Ketika suhu pada AC tidak sesuai dengan apa yang diatur oleh remot, maka thermistor akan mengirimkan sinyal.

Sinyal tersebut kemudian akan diteruskan menuju PCB kontrol. Sementara itu, Ketika suhu di dalam ruangan sudah sesuai, secara otomatis kompresor akan berhenti bekerja. Kompresor akan bekerja kembali ketika suhu dalam ruangan tersebut kembali panas. Ketika thermistor rusak, maka inilah yang bisa menjadi sebab mengapa outdoor AC mati.

3. Kerusakan Pada Start Kapasitor Kompresor

Di dalam unit outdoor, ada dua start kapasitor. Satu untuk kipas dan satunya lagi untuk kapasitor kompresor. Start kapasitor ini berperan sebagai penggerak dari kompresor sehingga kompresor bisa bekerja. Salah satu ciri start kapasitor ini rusak adalah jika kamu mendengar adanya suara dengung dari kompresor. Suara dengungan tersebut cukup keras yang tidak kamu dengarkan ketika kondisi kompresor normal.

Lalu apa yang harus kamu lakukan? Solusi service AC untuk kondisi ini adalah kamu perlu mengecek bagian start tersebut menggunakan multi tester. Jika rusak, kamu perlu menggantinya dengan kompresor yang baru.

4. Kompresor Overload

Terdapat beberapa hal yang bisa mengakibatkan kompresor panas. Salah satunya adalah pipa kondensor yang kotor. Ini menyebabkan kipas outdoor tidak bisa bekerja maksimal untuk bisa membuang panas dari kondensor di mana pipa kondensor sendiri berperan untuk membuang panas dari kompresor.

Jika kondisi ini terjadi, maka kompresor akan mati dikarenakan overload. Solusinya adalah dengan membersihkan pipa pada kondensor tersebut. Pastikan kamu sudah benar-benar membersihkannya.

Baca Juga : Ciri – Ciri Jika Kapasitor AC Rusak dan Harus di Service

5. Fluktuasi Tegangan Listrik

Penyebab lain dari outdoor AC masih adalah terjadinya fluktuasi tegangan lisrik PLN. Ini berhubungan dengan perubahan tegangan yang bisa mengakibatkan kerusakan pada perangkat elektronik, termasuk juga AC. Tegangan yang tidak sesuai atau tidak stabil berpotensi mengakibatkan kompresor tidak bisa berfungsi secara optimal. Kamu harus memastikan tegangan stabil kembali karena bisa menyebabkan kerusakan pada kompresor.

Baca Juga : Ciri – Ciri Jika Kapasitor AC Rusak dan Harus di Service

Demikian nformasi yang bisa kami sampaikan. Jika kamu tidak bisa service AC sendiri, silakan menghubungi teknisi AC terpercaya yang tidak jauh dari rumahmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengecek masalah tersebut sendirian dan malah kamu bisa banyak belajar dari teknisi tersebut untuk selanjutnya kamu bisa mengecek masalah pada AC sekaligus bisa memperbaikinya.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin