Kapasitor AC Rusak Apakah Berbahaya Untuk Kinerja AC? – Pendingin ruangan atau AC terdiri dari berbagai macam komponen penting. Salah satunya yakni kapasitor. Dengan intensitas kerja yang tinggi, kapasitor AC rusak merupakan hal yang umum terjadi. Tapi, jangan khawatir. Pada artikel kali ini, kami akan memberi sedikit informasi mengenai apa itu kapasitor dan kerusakannya pada AC.

Baca Juga : AC Rusak Tidak Mau Menyala? Berikut Solusinya

Definisi Kapasitor AC

Kapasitor AC adalah suatu benda dengan bentuk silinder atau tabung kecil. Fungsinya untuk menyalurkan energi ke motor, serta memberi daya pada sistem pendingin ruangan. Kapasitor AC atau dengan nama lain kapasitor running ini memberi dorongan awal pada pendingin ruangan saat Anda nyalakan. Serta memberi daya terus-menerus agar AC dapat terus bekerja dengan baik.

Kapasitor AC sendiri termasuk dalam komponen penting pada AC yang sangat membantu kinerja pendingin ruangan. Dengan fungsinya yang sangat penting tersebut, kapasitor rentan tehadap kerusakan. Meski ddesainnya memiliki bentuk dan masa pemakaian yang cukup lama, berbagai faktor dapat menjadi penyebab kerusakan pada bagian komponen kapasitor ini.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kapasitor AC Rusak dan Langkah Memperbaikinya

Pada AC, kapasitor terdiri dari dua jenis. Yakni kapasitor kipas atau kapasitor fan, serta kapasitor kompresor. Dengan nama yang berbeda, tentu masing-masing kapasitor memiliki tugas yang berbeda namun memiliki fungis yang hampir serupa.

Kerusakan pada komponen kapasitor ini dapat mengakibatkan AC tidak dapat mengeluarkan udara dingin, sehingga proses pendinginan dalam ruangan atau area dimana AC dipasang menjadi tidak optimal dan efisien.

Gejala Kerusakan Kapasitor AC

Ada beberapa gejala kerusakan pada kapasitor yang dapat Anda rasakan langsung saat AC Anda nyalakan. Gejala tersebut antara lain:

  • AC tidak dapat dinyalakan dalam jangka waktu yang cukup lama meski listrik di rumah atau sekitar AC berjalan dengan baik.
  • AC secara otomatis mati tanpa timer.
  • Keluarnya hawa panas dari AC secara terus-menerus.
  • Keluarnya suara dengung dari dalam AC saat dinyalakan.
  • Terdapat jeda waktu yang cukup lama untuk AC bekerja setelah dinyalakan.

Baca Juga : Apa Yang Menyebabkan Kapasitor AC Rusak? Ini Ciri-Cirinya!

Menguji Kerusakan Kapasitor AC

Untuk menguji kerusakan kapasitor AC, Anda dapat memperhatikan bagian ventilasi untuk kipas di atas unit. Jika fan atau kipas tidak berputar, cari benda panjang dan tipis seperti tang atau obeng dan putar perlahan salah satu bilah kipas tersebut.

Baca Juga : Ingin Service AC? Berikut Peralatan Serta Estimasi Biaya yang Dibutuhkan

Apabila kipas mulai berputar, maka kemungkinan terjadi gangguan pada komponen kapasitor AC Anda. Adanya kerusakan atau gangguan pada kapasitor Ac dapat menimbulkan suara dengung dari dalam AC, namun AC tetap tidak dapat bekerja dengan baik.

Dampak Kerusakan Kapasitor AC

Adanya kerusakan atau gangguan pada kapasitor dapat menyebabkan tidak maksimalnya, atau bahkan tidak bekerjanya pendinginan oleh AC terhadap area atau ruangan.

Kapasitor yang rusak menghambat kinerja pendingin ruangan. Pendingin ruangan akan mengeluarkan angin atau hawa panas daripada dengan hawa dingin pada umumnya. Apabila kerusakan atau gangguan ini Anda biarkan secara terus-menerus maka dapat mengganggu kinerja AC. Ini menyebabkan kerusakan lebih besar pada komponen lainnya.

Baca Juga : Pahami Cara Kerja Komponen Utama AC Rumahan, dan Fungsinya

Untuk mengatasi masalah di atas, maka dapat Anda lakukan penggantian kapasitor yang rusak dengan kapasitor yang baru agar pendingin ruangan dapat bekerja dengan baik serta proses pendinginan dapat segera Anda lakukan. Namun, apabila Anda merasa kesulitan untuk mengganti komponen kapasitor yang rusak, maka dapat menggunakan jasa atau layanan service AC. Pastikan Anda memilih teknisi dengan reputasi yang baik dan berpengalaman seperti AbangBenerin agar kerusakan dapat segera teratasi dengan cepat dan tepat.

Mengganti Komponen

Apabila Anda berencana untuk mengganti sendiri kapasitor yang rusak, maka Anda harus memilih pengganti yang sesuai dengan kebutuhan pendingin ruangan. Faktor penting dalam pemilihan kapasitor AC yaitu tegangan kerja serta microfarad (μF).

Tegangan kerja atau voltase tidak harus sama dengan komponen kapasitor AC Anda, namun tetap usahakan tegangan yang ada setidaknya serupa, atau di atas dari tegangan asli kapasitor. Selain itu, microfarad juga harus menyerupai dengan kapasitor.

Pada umumnya, tegangan dan microfarad akan tertulis di bagian komponen kapasitor AC. Maka, sebelum membeli penggantinya, catat terlebih dahulu model dan sistem AC yang Anda miliki untuk memudahkan pembelian kapasitor nantinya.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin