Ini Manfaat Air Buangan AC! Jangan Langsung Dibuang, ya! – Ketika musim kemarau sudah tiba, manusia akan cenderung lebih sering memanfaatkan AC. Mereka ingin ruangan di rumah terutama kamar selalu dalam kondisi sejuk. Ini akan membuat mereka merasa nyaman ketika melakukan aktivitas. Selain itu, selama musim kemarau banyak daerah yang mengalami kekeringan.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC saat Cuaca Panas

Maka dari itu, mau tidak mau masyarakat yang tinggal di daerah tersebut harus mau dan mampu menghemat penggunaan air. Menggunakan air harus seminimal mungkin agar tidak mubazir. Kondisi ini tentu akan membuat sulit dan bingung beberapa orang. Terutama jika di rumah mereka memiliki tanaman atau kolam yang memang selalu membutuhkan air.

Namun sebenarnya ada solusi untuk mendapatkan sumber air alternatif untuk kebutuhan kolam maupun tanamanmu. Kamu bisa menggunakan air buangan AC. Air ini juga dinamakan sebagai graywater atau air limbah. Kamu bisa menggunakan air ini untuk membantu mencukupi kebutuhan airmu. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan sumber air utama untuk menyirami tanaman. Cukup gunakan air dari buangan AC ini. Tanamanmu akan tetap tumbuh subur.

Manfaat Air Buangan AC

Ada beberapa manfaat air buangan AC yang mana banyak orang masih belum mengetahuinya. Untuk itu, silakan menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Sebagai Kondensat

Manfaat yang pertama adalah air buangan pada AC bisa digunakan sebagai kondensat. Sitem pendingin AC akan menghasilkan udara yang hangat dan kelembapan yang kemudian akan membentuk sebuah kondensasi. Air biasanya akan dialirkan menuju pompa atau sistem pembuangan.

Baca Juga : Saluran Pembuangan AC Bocor? Apa Yang Harus Dilakukan

Kamu bisa mendapatkan air yang banyak setiap hari jika terus-menerus menggunakan sistem pendingin udara. Kamu bisa mewadahi air tersebut atau bisa langsung mengarahkannya ke tanaman. Ini bisa menjadi manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Jadi kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan air tanamanmu karena sudah tersedia melalui AC.

2. Sistem Irigasi

Manfaat yang kedua adalah air buangan pada AC juga bisa untuk sistem irigasi. Kamu bisa memanfaatkan airnya untuk mengairi tanaman yang ada di dalam maupun luar ruangan. Kamu tidak perlu khawatir karena air yang keluar tersebut bersih serta tidak mengandung klorin. Air tersebut juga tidak mengandung zat adiktif di dalamnya sehingga tidak membahayakan bagi kehidupan tanaman di rumahmu.

Baca Juga : Jangan Buru-Buru Isi Freon! Ini Pertanda Kalau Freon AC Habis

Jadi, kamu bisa memasukkan air hasil pembuangan AC ke dalam wadah seperti kaleng. Kemudian kamu siramkan ke tanamanmu. Bisa juga dengan langsung mengarahkannya untuk menyirami tanaman.

3. Membersihkan Benda yang Ada di Luar Ruangan

Air buangan AC juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan berbagai benda yang ada di luar ruangan. Perlu kamu tahu bahwa air buangan tersebut cukup segar. Jadi, kamu bisa memanfaatkannya untuk beberapa keperluanmu termasuk juga terkait pembersihan. Misalnya menggunakan air tersebut untuk membersihkan jendela.

Baca Juga : Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci

Air buangan pada AC juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan furniture rumahmu. Bahkan jika kamu ingin membersihkan mobil atau sepeda motor, kamu juga bisa menggunakan air ini. Apa pun barang di luar ruangan yang memang perlu kamu bersihkan atau cuci, kamu bisa memanfaatkan air hasil pembuangan AC.

4. Air Kolam

Pernah berpikir bahwa air hasil pembuangan AC bisa berguna sebagai air kolam? Bagi kamu yang ingin atau sudah memiliki kolam, kamu bisa memanfaatkan air buangan ini untuk mengaliri kolam. Airnya bermanfaat untuk tanaman rawa, kolam kecil, air mancur, dan masih banyak yang lainnya. Dari pada terbuang percuma, lebih baik kamu manfaatkan sebagai sumber air untuk berbagai kebutuhan tersebut.

Baca Juga : Dampak Buruk Jika Salah Dalam Menggunakan AC

5. Persediaan Air

Jika beberapa wilayah menerapkan pembatasan air ketika musim kemarau, ini membuat ada rumah yang tidak mempunyai sumber air untuk tanaman maupun untuk membersihkan barang-barang di rumahnya. Dengan memanfaatkan air kondensat, kamu bisa memiliki persediaan air yang sangat kamu butuhkan di area rumahmu tanpa perlu melanggar aturan pembatasan penggunaan air. Jadi, kamu memiliki persediaan air untuk kebutuhan sehari-hari.

Demikian beberapa manfaat air buangan AC yang jarang kita ketahui. Jadi, dari pada air tersebut terbuang percuma maka kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhanmu. Semoga bermanfaat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin