Cek AC Bocor dengan Cara Yang Mudah! – AC yang bocor tentu sangat menjengkelkan, terutama jika AC Anda gunakan dalam keadaan genting, seperti saat tidur dan bekerja. Di musim panas atau musim kemarau seperti di Indonesia, hawa panas akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Baca Juga : AC Bocor Setelah Dicuci? Bagaimana Bisa?

AC yang bocor dapat menghambat kinerja dan menahan hawa dingin mengalir ke dalam ruangan. Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara mengecek pendingin ruangan yang bocor dengan cepat dan mudah. Selengkapnya ada di bawah ini ya!

Mengecek Kebocoran AC

Sebelum memanggil teknisi untuk melakukan service AC, ada baiknya Anda mengecek secara mandiri terlebih dahulu apakah AC benar-benar bocor atau mungkin terdapat kerusakan lainnya pada perangkat pendingin ruangan.

Baca Juga : Ingin Service AC? Berikut Peralatan Serta Estimasi Biaya yang Dibutuhkan

Mengecek kebocoran kali ini menggunakan bantuan air sabun yang tentu cepat dan efisien untuk dilakukan. Berikut cara cek AC yang bocor atau mengalami kebocoran dengan air sabun.

a. Bahan yang Diperlukan

Ada dua bahan yang Anda perlukan:

  • Air
  • Sabun

Campurkan atau larutkan sabun ke dalam air untuk membantu mengecek apakah terjadi kebocoran pada unit AC Anda.

b. Alat yang Diperlukan

  • Tempat Air
  • Kuas
  • Refrigerant
  • Charging Manifold

c. Langkah-Langkah

  1. Pengecekan umumnya bisa Anda lakukan setelah proses vakum. Untuk itu, biarkan charging manifold terpasang seperti semula di tempatnya.
  2. Pastikan bahwa sistem tidak dalam keadaan vakum.
  3. Buat air sabun dengan melarutkan sabun ke dalam air dan kocok air sabun hingga muncul busa.
  4. Kemudian, isi sistem menggunakan sedikit refrigerant.
  5. Langkah selanjutnya, oleskan busa dari air sabun yang telah dikocok tadi menggunakan kuas pada beberapa bagian yang rentan bocor atau mudah mengalami kebocoran, seperti pada bagian las sambungan pipa kondensor serta pemasangan nut yang kurang kencang.
  6. Lalu, perhatikan busa yang sudah Anda oleskan pada beberapa bagian tadi. Apabila busa dari air sabun menghasilkan beberapa gelembung yang kemudian membesar, maka bisa kita pastikan bahwa muncul kebocoran pada bagian bergelembung tersebut. Baik karena adanya lubang maupun dari pemasangan nut yang kurang kencang.
  7. Jika bagian-bagian yang mengalami kebocoran sudah Anda temukan, dapat Anda lanjutkan ke tahap mengatasi kebocoran yang ada. Kebocoran dapat kita atasi dengan melakukan las kembali pada bagian-bagian yang bocor, atau apabila kebocoran yang ada terjadi di bagian nut yang terpasang kurang kencang, maka dapat Anda kencangkan kembali bagian nut tersebut.
  8. Setelah memastikan tidak ada lagi kebocoran pada unit pendingin ruangan, kemudian bisa Anda lanjutkan dengan proses vakum agar kondisi pada sistem pendingin dalam keadaan benar-benar hampa udara sebelum Anda lakukan pengisian refrigerant nantinya.

Penyebab Kebocoran AC

Ada beberapa hal yang menyebabkan adanya kebocoran pada unit AC. Misalnya kondisi komponen unit yang sudah lebih dari masa pemakaian, kerusakan eksternal, dan lain sebagainya. Kebocoran AC harus segera Anda tindak lanjuti dengan ahli atau teknisi AC agar kerusakan tidak melebar kemana-mana. Selain itu, AC yang bocor juga dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar di kemudian hari.

Baca Juga : Sering Diabaikan! Berbahayakah AC Bocor Dibiarkan Terus Menerus?

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat melakukan pengecekan dan perawatan AC secara rutin, paling tidak enam bulan sekali. Perawatan rutin ini dapat memperpanjang masa pemakaian pendingin ruangan.

Jika kebocoran terjadi dalam skala besar dan sudah tidak terkendali, Anda dapat menghubungi teknisi atau ahli pendingin ruangan guna mengecek komponen yang mengalami kebocoran sekaligus memperbaiki kebocoran yang ada.

Baca Juga : Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci

Kebocoran AC juga dapat karena oleh unit yang tidak layak pakai pada saat pemasangan, atau adanya kesalahan di awal pemasangan pendingin ruangan. Untuk itu, Anda sangat perlu mengawasi dan mengecek langsung dari proses pemilihan pendingin ruangan, hingga pemasangan yang teknisi lakukan.

Apabila AC yang mengalami kebocoran masih dalam masa garansi, maka Anda dapat mengajukan garansi kepada pihak tempat Anda membeli pendingin ruangan. Namun, jika AC sudah melewati masa garansi yang ada, maka Anda dapat memanggil teknisi profesional AbangBenerin ntuk memperbaiki atau melakukan service AC sebelum kerusakan semakin melebar.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin