Pembuangan AC Rumah Anda Mampet? Atasi Dengan Cara Berikut – Pembuangan AC mampet yang dibiarkan bisa mengakibatkan masalah lain yang lebih serius. Bahkan tidak menutup kemungkinan malah mengakibatkan kerusakan pada komponen AC lainnya. Permasalahan AC yang mampet biasanya tidak disadari oleh pemilik AC. Kemudian masalah ini mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada pendingin ruangan tersebut.

Maka dari itu penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dan bagaimana cara mengatasi saluran AC yang mampet. Dengan begitu, kamu bisa segera menanganinya sebelum kerusakan semakin parah dan malah biaya perbaikannya semakin mahal. Pada saat AC mampet, beberapa fungsi pada AC biasa terganggu.

Baca Juga : Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Saluran Pembuangan AC

Salah satu akibatnya adalah AC tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Maka tidak heran jika ruangan tetap terasa panas meskipun kamu sudah mengatur AC pada settingan yang dingin. Kondisi ini jika dibiarkan terus-menerus juga bisa memperpendek usia AC. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan setiap bagian AC baik unit indoor, outdoor, serta saluran-saluran lainnya apakah terdapat kerusakan atau tidak.

Penyebab Pembuangan AC Mampet

Beberapa kondisi yang mengakibatkan saluran pembuangan AC mampet antara lain:

1. Kotor

Saluran pembuangan AC berbentuk pipa dan berbahan plastik lentur serta tahan air. Pipa tersebut juga memiliki tekstur sehingga membuatnya mudah terkena debu, kotoran, maupun jamur. Bisa jadi AC mampet karena saluran pipa yang kotor.

2. Unit Outdoor yang Kotor

Outdoor AC yang kotor juga menjadi sebab AC mampet. Biasanya unit outdoor terdapat banyak kotoran serta residu. Jika sudah terlalu banyak dan menumpuk, maka saluran pembuangannya pun akan tersumbat. Kondisi ini harus segera dilakukan perbaikan.

Cara Mengatasi Pembuangan AC Mampet

Lalu apa yang harus kamu lakukan jika pembuangan AC mampet? Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka ada beberapa tindakan yang harus kamu lakukan. Apa saja? Berikut ini jawabannya :

1. Menemukan Saklar Pengaman

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan mematikan saklar pengaman. Perlu kamu tahu bahwa pastikan pipa PVC mengarah dari bawah handler udara menuju ke wadah tetes. Ada banyak yang memiliki label “Safe-T Switch” serta mempunyai tutup yang dapat dibuka. Kamu tinggal membuka tutupnya kemudian temukan saluran pembuangan yang tersumbat. Dari sini kamu bisa melihat apakah ada air yang menyentuh sensor stop pada pipa kemudian kamu harus mematikan sistem dari bawah.

2. Menggunakan Vakum Basah

Cara yang kedua yaitu bisa dengan vakum basah. Kamu tinggal menggunakannya untuk membersihkan air yang ada di pipa saluran pembuangan serta wadah pembuangan. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengeringkan permukaan bawah yang lainnya. Hal ini karena kelembapan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur sehingga mengakibatkan AC cepat rusak.

Baca Juga : Ini Manfaat Air Buangan AC Jangan Langsung Dibuang, Ya

3. Menuangkan Air Mendidih Pada Saluran Pembuangan

Cara memperbaiki saluran pembuangan AC mampet juga bisa dengan menuangkan air mendidih pada saluran pembuangan tersebut. Campuran pemutih dan air atau air cuka dan air efektif di dalam mengatasi pembuangan yang tersumbat. Namun karena terdapat bahan baru yang bisa kamu gunakan di dalam sistem HVAC, maka kamu cukup menggunakan air mendidih dan tinggal kamu siramkan ke saluran pembuangan.

Setelah kamu menuangkan air mendidih ke pembuangan, maka sistem AC harus menyala kembali. Namun jika kamu ragu untuk melakukan cara ini, maka sebaiknya kamu menghubungi jasa servis AC. Dikhawatirkan jika kamu ragu dan tetap memaksa melakukannya sendiri malah menyebabkan masalah lainnya pada AC tersebut.

4. Menghubungi Jasa Servis AC

Jika ketiga cara di atas belum juga mengatasi AC mampet, maka cara terakhir adalah dengan menghubungi jasa servis AC. Di tempatmu pasti ada beberapa jasa servis AC. Namun kamu harus memilih mana jasa servis AC yang memang kualitasnya terbaik. Kamu bisa bertanya kepada orang terdekatmu mengenai seperti apa reputasinya. Setelah itu baru kamu bisa memanfaatkan jasa servis AC tersebut untuk memperbaiki AC yang mampet.

Demikian informasi apa saja penyebab pembuangan AC tersumbat serta bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi ini bisa membantu mengatasi masalah pendingin ruangan yang tersumbat dan membuat AC bisa bekerja dengan normal kembali.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin