Kenali Fungsi, Harga, dan Ciri Kapasitor AC yang Rusak – Kapasitor rusak tentunya akan menyebabkan masalah pada AC. Hal ini karena kapasitor merupakan salah satu komponen penting pada pendingin ruangan.

Baca Juga : Masih Bingung Dengan Komponen AC? Ini Dia Jenis dan Fungsinya!

Jika komponen ini rusak, AC akan bekerja kurang maksimal dan bahkan kemungkinan malah tidak menyala. Lalu sebenarnya apa fungsi kapasitor? Mengapa perannya sangat penting untuk AC?

Fungsi Kapasitor

Fungsi kapasitor untuk AC yang memiliki mesin kecil (di bawah 3 PK dan single phasa) adalah sebagai penggerak atau starter awal dari kompresor. Ketika mesin AC sudah bekerja, kapasitor akan mulai mengisi kembali daya yang sebelumnya digunakan untuk menggerakkan mesin AC. Secara konsep memang kapasitor memiliki fungsi yang hampir sama dengan baterai.

Sementara untuk ukuran kapasitor menyesuaikan dengan ukuran kompresor. Maka dari itu, kamu harus mengetahui apakah kapasitor yang akan kamu beli tersebut sesuai dengan kompresor yang ada di AC.

Untuk tabel kecocokannya antara kompresor dan kapasitor adalah sebagai berikut:

Ciri-Ciri Kapasitor AC Rusak

Ada beberapa ciri yang mengindikasikan bahwa kapasitor AC mengalami kerusakan. Melalui ciri-ciri inilah kamu bisa langsung memperbaiki atau bahkan mengganti kapasitor tersebut.

  • Ketika menghidupkan AC, AC tidak cepat menyala dan bahkan tetap tidak menyala dalam waktu yang cukup lama
  • Meskipun AC sudah dalam kondisi menyala, namun kipas AC masih tidak bergerak
  • Terdengar suara bising atau bunyi klik dari AC
  • Udara yang dihasilkan AC tidak sejuk meskipun kipas dalam kondisi menyala
  • Badan kapasitor yang terlihat menggembung. Ini seperti baterai smartphone ketika sudah rusak

Baca Juga : Ciri – Ciri Jika Kapasitor AC Rusak dan Harus di Service

Harga Kapasitor AC

Berapa harga kapasitor AC? Sebenarnya untuk harganya bermacam-macam. Harga tersebut menyesuaikan dengan ukuran kapasitor maupun kompresor yang kamu gunakan. Namun secara umum memang harganya berkisar dari puluhan ribu sampai ratusan ribu.

Penyebab Kapasitor AC Rusak

Setelah mengetahui beberapa ciri yang menunjukkan kapasitor AC rusak, informasi yang tidak kalah penting adalah kamu juga harus tahu apa saja yang menjadi penyebab kapasitor mengalami kerusakan.

1. Ruangan yang Terlalu Panas

Secara umum, kita memasang AC adalah untuk mendinginkan ruangan. Namun kamu juga harus tahu bahwa sebenarnya AC merupakan perangkat elektronik yang sensitif terhadap suhu panas. Jadi, pasitkan AC tetap ada di tempat yang teduh dan pastikan juga bahwa suhu tempat tersebut tidak ekstrem. Ketika kondisi ruangan yang terlalu panas, maka AC juga akan bekerja lebih keras.

Baca Juga : Udara AC Panas? Ini Sebabnya

Semakin keras komponen AC bekerja untuk mendinginkan ruangan, maka semakin cepat AC tersebut akan mengalami masalah seperti aus. Bisa juga terjadi kerusakan di bagian kapasitor.

2. Tegangan Kompresor yang Berbeda

Kapasitas AC hadir dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Sama halnya dengan tegangan pada AC tersebut juga tidak sama antara AC yang satu dengan AC lainnya. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang membeli kapasitor tanpa memperhatikan apakah kapasitor sudah sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan AC atau tidak.

Jika ternyata kapasitor tersebut mengeluarkan tegangan yang lebih rendah, maka berakibat pada tekanan yang malah jauh lebih berat. Akibatnya usia kapasitor tersebut tidak akan lama karena akan mudah mengalami kerusakan.

3. Pemakaian Berlebihan

Salah satu kebiasaan yang tanpa kita sadari bisa menyebabkan kerusakan pada kapasitor adalah pemakaian AC yang berlebihan. Kuncinya, jangan sampai kamu menyalakan AC seharian penuh tanpa berhenti. Kamu juga jangan sering mematikan AC. Mengapa? Karena ketika AC tersebut dinyalakan kembali, mesin akan mengeluarkan daya yang besar.

Baca Juga : Dampak Buruk Jika Salah Dalam Menggunakan AC

Pastikan kamu memiliki waktu yang teratur kapan harus mematikan dan menyalakan AC. Hal yang sangat sederhana in ternyata berpengaruh terhadap usia dari AC tersebut, terutama di bagian kapasitor.

Itulah informasi penting tentang fungsi dan bagaimana ciri kapasitor rusak. Sebenarnya kapasitor sudah didesain untuk bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun tetap saja kita tidak bisa terhindar dari permasalahan pada komponen AC. Termasuk juga bagian kapasitor. Jadi, kamu harus tetap waspada dan jangan lupa untuk sering melakukan pengecekan pada kapasitor maupun bagian-bagian AC yang lainnya.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin