Semakin Rendah Suhu AC, Tagihan Semakin Besar? Ini Faktanya! – Banyak yang mengatakan untuk lebih hemat biaya listrik, maka gunakan AC hemat listrik. Namun, ketika sudah menggunakan AC hemat listrik alias AC low watt, tagihan listrik masih juga tinggi.

Baca Juga : Tagihan Listrik Membengkak? Tanda AC Kamu Perlu di Service

Setelah melakukan penelusuran, ternyata pemilik AC terus menggunakan suhu AC yang sangat rendah. Apakah menggunakan AC di suhu yang rendah memang benar membuat tagihan listrik menjadi semakin besar? Simak ulasannya berikut ini.

Penggunaan AC

AC memang bertujuan untuk membuat ruangan menjadi semakin sejuk. Namun, apabila suhu yang setel terlalu dingin, AC akan bekerja lebih keras. Bayangkan saja bahwa kompresor di dalam AC Anda akan bekerja semakin keras untuk mendinginkan udara yang akan AC hembuskan ke ruangan Anda. Ditambah lagi, kipas akan bergerak dengan lebih cepat.

Baca Juga : Penyebab Hembusan AC Kurang Kencang

Jadinya, ketika Anda menyetel suhu yang sangat rendah, penggunaan AC akan jadi jauh lebih boros. Hal itu memang benar, dan faktanya seperti itu. Belum lagi, kebiasaan langsung menurunkan suhu secara signifikan membuat AC akan bekerja dua kali lebih keras lagi. Hasilnya, AC akan menjadi jauh lebih banyak menyerap daya listrik.

Perlu Anda ketahui, agar lebih hemat listrik tentunya Anda akan menggunakan AC hemat listrik dan PK-nya rendah. Maka dengan daya listrik yang cukup rendah, AC akan bekerja perlahan untuk mendinginkan ruangan Anda. Biarkan saja proses nya bekerja, dan jangan dipaksa agar lebih cepat dingin.

Baca Juga : Cara Menggunakan AC yang Benar Agar Tetap Hemat

Dan lagi, AC hemat listrik memang memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang AC konvensional. Tapi, tidak masalah bukan membeli dengan harga lebih tinggi, namun membayar tagihan listrik lebih hemat hingga 30%.

Suhu AC Ideal

Jadi, berapa suhu yang tepat untuk AC agar tidak begitu boros listrik. Sebaiknya, Anda mengatur AC paling rendah di angka 23 derajat Celcius. Angka tersebut merupakan standar agar pemakaian listrik di rumah tidak begitu tinggi, namun ruangan tetap lebih sejuk.

Tapi, ada kemungkinan lain ketika menggunakan suhu yang rendah namun konsumsi listrik tidak begitu besar. Penyebabnya adalah, karena suhu di luar memang juga rendah. Jadinya, proses pendinginan udara yang AC hirup Anda juga tidak begitu besar. Kondisi tersebut sering terjadi di musim penghujan.

Baca Juga : Tips Menggunakan AC pada Saat Musim Hujan

Dalam kondisi tersebut, akan lebih tepat bila AC menggunakan mode dry. Jadinya, kelembaban udara dikurangi, dan Anda bisa mengatur suhu yang nyaman dengan Anda. Tapi, seperti yang dipaparkan di atas, memang sebaiknya suhu yang pas untuk ruangan adalah sekitar 23 – 25 derajat.

Baca Juga : Suhu AC yang Baik Untuk Bayi

Sedangkan untuk tidur, sebaiknya memang berada di angka tersebut. Untuk menghindari kemungkinan kedinginan hingga menggigil, maka naikkan lagi sekitar 2 derajat dari angka yang sudah diset sebelumnya. Misalnya Anda menyetel suhu di angka 23 derajat Celcius, maka saat tidur Anda bisa menyetelnya ke angka 25 derajat Celcius.

Penyebab AC Boros Lainnya

Bagaimana bila ternyata setelah menggunakan suhu yang tidak begitu rendah, namun tagihan listrik masih juga tinggi?

Itu berarti AC Anda mungkin kotor, tersumbat, atau ada masalah lain di dalam mesinnya. Jadi, bukan hanya suhu yang rendah yang bisa menyebabkan tagihan listrik membengkak.

Bahkan, tagihan listrik yang membengkak bisa menjadi tanda bahwa AC Anda membutuhkan service. Selain itu, pastikan Anda melakukan proses cuci AC secara berkala untuk memastikan AC tetap bersih.

Baca Juga : Mitos atau Fakta? Semakin Rendah Suhu AC Semakin Boros?

Terpenting, cara-cara di atas akan berlaku bila AC yang Anda gunakan adalah AC hemat listrik. Bila Anda menggunakan AC konvensional, maka tentu saja tagihannya akan tetap lebih tinggi.

Kembali lagi ke judul awal bahasan kali ini, apakah menyetel AC ke suhu terendah akan menjadikan tagihan listrik semakin tinggi? Jawabannya adalah iya. Namun, bila suhu di luar ruangan ternyata juga rendah, maka hal tersebut bisa jadi tidak begitu masalah. Tapi, apakah Anda memang siap dengan suhu ruangan yang terlalu rendah?

Sebab, selain membuat masalah dengan tagihan listrik, suhu yang terlalu rendah juga berbahaya bagi kesehatan Anda. Anda bahkan tidak bisa tidur dengan nyenyak karena suhu AC yang terlalu rendah bisa membuat Anda menggigil. Dan lagi penyakit tertentu yang bisa menyerang Anda karena suhu ruangan terlalu rendah.

Jadi, untuk menghindari hal tersebut, jangan menyetel suhu AC terlalu rendah, yah.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin