Servis AC Lebih Rumit dan AC Cepat Rusak Karena Kebiasan Seperti Ini! – Di tengah kondisi cuaca panas seperti sekarang ini, kita lebih memilih berada di dalam ruangan berpendingin untuk berkegiatan sekaligus mendinginkan pikiran dan tubuh dalam satu waktu. Tidak jarang banyak orang yang mengeluh pusing karena terlalu lama terpapar hawa panas sedangkan mereka sedang berkgeiatan dengan intens.

Namun, hal ini membuat pendingin udara yang kita miliki juga bekerja dengan keras setiap harinya. Jika kita sibuk berkegiatan setiap hari, tidak jarang kita melupakan merawat pendingin ruangan yang kita miliki atau sekedar mengecek tiap komponen apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.

Ternyata, beberapa kebiasaan kita dapat merusak pendingin ruangan atau AC dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang. Hal ini membuat kita harus melakukan servisAC yang lebih rumit. Apa saja?

Servis AC Lebih Rumit Karena Kebiasaan Berikut!

AC yang rusak tentu memerlukan tindakan langsung atau servis AC agar kerusakan tidak terus berjalan dan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar. Perhatikan beberapa kebiasaan ini untuk menghindari kerusakan pada pendingin ruangan Anda.

a. AC Terlalu Sering Digunakan

Faktor atau kebiasaan pertama sangat wajar terjadi dan seringkali tidak Anda sadari sebagai pemilik pendingin ruangan. Di musim kemarau atau musim panas, tidak jarang AC bekerja lebih keras dari biasanya dalam jangka waktu yang panjang.

Menurut Albert Lee, pendiri Home Living Labs, yang dilansir dari laman Kompas.com, memberi rekomendasi mengenai penggunaan dan pengatur waktu yang bisa diterapkan pada pendingin ruangan. Pendingin ruangan sekarang ini telah lengkap dengan timer atau pengatur waktu yang dapat pemilik pendingin ruangan program.

Baca Juga : Tanda-Tanda Kamu Harus Cuci AC dan Melakukan Penanganan

Beberapa jenis AC juga dapat diatur dari jarak jauh, yakni menggunakan WiFi dari ponsel pintar yang dimiliki sehingga pemakaian lebih praktis dan efisien. Anda dapat mengatur timer sesuai dengan waktu yang diinginkan. Misalnya, menyalakan AC 2 jam sebelum Anda pulang sehingga ruangan akan dingin saat Anda datang dan AC akan otomatis mati setelah 2 jam.

b. Tidak Melakukan Service AC dengan Rutin

Kebiasaan kedua yakni pemilik AC tidak rutin melakukan service AC guna mengecek dan memperbaiki komponen yang mungkin mengalami kerusakan atau sekedar membersihkan pendingin ruangan secara rutin. Ternyata, hal ini dapat merusak AC, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca Juga : Kamu Harus Tahu! Ini Dia Fakta Tentang Cuci AC

Bradley Scoot, teknisi HVAC, yang dilansir dari Kompas.com menyebutkan bahwa dalam sistem AC terdapat beberapa komponen elektronik kecil yang perlu diganti sebelum masa pakai akibat beberapa faktor. Jika tidak segera Anda ganti, maka dapat menyebabkan kerusakan pada komponen yang kemudian menimbulkan kerusakan lebih besar. Jika demikian pemilik pendingin ruangan dapat merogoh kocek terlalu besar untuk melakukan servisAC.

Ada baiknya Anda menjadwalkan perawatan dan pemeriksaan pendingin ruangan secara rutin, paling tidak setiap enam bulan sekali.

c. Tidak Mengganti Filter AC

Kebiasaan ketiga adalah lupa atau tidak pernah mengganti filter AC yang ada pada pendingin ruangan. Filter pada AC berguna untuk menyaring udara dari kotoran, hewan kecil maupun bakal jamur yang berbahaya untuk dihirup. Adanya kotoran yang menumpuk pada filter membuat kapasitor bekerja lebih keras hingga muncul kemungkinan bagian kapasitor bisa terbakar.

Mengganti filter AC dapat Anda lakukan setiap satu hingga tiga bulan sekali sesuai dengan instruksi pabrikan. Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang berada dalam satu ruangan berpendingin atau sering merokok di dalam ruangan, maka penggantian filter dapat Anda lakukan lebih cepat dari jadwal yang ada.

Baca Juga : Haruskah Filter AC Rumah Diganti?

Mengganti filter pada pendingin ruangan tidak hanya memperpanjang masa pakai AC, namun juga membuat udara dari AC lebih dingin dan kuat.

d. Menyetel di Suhu Rendah

Demi mendapatkan udara dingin saat berkegiatan, terkadang kita menyetel AC pada suhu terendah. Menyetel suhu AC hingga ke suhu terendah dalam jangka waktu yang lama ternyata dapat menjadi penyebab kerusakan, di mana pemakaian tersebut dapat menghasilkan kerusakan panas.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu AC yang Ideal Untuk Tidur

Terlalu lama menyetel suhu AC pada suhu terendah dapat memperpendek usia pemakaian pendingin ruangan. Atur suhu secara berkala agar AC tidak mudah rusak dan lebih tahan lama.

e. Pembersihan yang Tidak Rutin

Faktor ini seringkali kita lakukan, terlebih jika Anda sering berkegiatan di luar rumah atau memiliki kesibukan yang intens. Untuk memperpanjang usia pemakaian, Anda memerlukan pembersihan dan servis AC secara rutin. Tentu saja guna memastikan tidak ada kotoran maupun mengganti komponen AC yang rusak.

Tidak hanya bagian indoor, bagian outdoor unit pendingin ruangan juga memerlukan pembersihan secara rutin. Ini bertujuan agar AC tidak cepat rusak dan memperpanjang masa pakai. Terkadang, banyak kotoran yang menumpuk pada bagian outdoor hingga menghambat kinerja unit AC.

Baca Juga : Ancaman Penyakit Jika Malas Untuk Cuci AC

Juga, tempatkan bagian outdoor di tempat terbuka tanpa terhalang benda apapun, termasuk tanaman. Adanya tanaman yang menutup bagian outdoor AC juga membuat sistem lebih sulit mengeluarkan udara panas. Jadwalkan pembersihan secara rutin agar unit AC dapat lebih awet dan terhindar dari berbagai kerusakan.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin