Ingin Perbaikan AC? Ini Dia Info Kisaran Biayanya – Perawatan dan perbaikan AC menjadi hal yang harus Anda lakukan oleh Anda sebagai pemilik pendingin ruangan. Dengan penggunaan AC atau pendingin ruangan yang semakin meningkat setiap waktunya, saat ini, bertebaran penawaran jasa perbaikan AC yang memberi harga murah bagi tiap perbaikan komponen.

Baca Juga : Butuh Jasa Pasang AC? Jangan Sampai Pilih Teknisi

Namun, semakin menjamurnya jasa perbaikan AC malah membuat kita bingung harus memilih yang mana dan apa saja layanan yang tersedia. Atau mungkin Anda ingin memperbaiki AC tapi bingung dengan kisaran harga atau budget yang harus dimiliki?

Pada artikel kali ini, kami akan memberi informasi mengenai kisaran biaya perbaikan AC sehingga Anda dapat mengira-ngira budget atau biaya yang harus dimiliki. Untuk selengkapnya, simak informasi di bawah ini ya!

Daftar Harga Perbaikan AC

AC atau pendingin ruangan terdiri dari berbagai komponen. Masing-masing komponen memerlukan perawatan dan perbaikan yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan tingkat kerusakan serta kebutuhan dari komponen.

Berikut ini adalah daftar harga service AC yang dapat menjadi rekomendasi untuk Anda. Antara lain:

a. Service Cuci AC

Untuk service cuci AC, bisa Anda bedakan dari besaran PK yang ada pada AC Anda. Untuk service cuci AC dengan ½ hingga 1 PK berkisar di harga Rp 65.000. Sedangkan, pada AC 1 ½ hingga 2 PK berkisar di harga Rp 70.000.

Baca Juga : Cuci AC Rutin, Seberapa Pentingkah?

b. Tambah Freon

Penambahan freon atau refrigerant juga dapat Anda bedakan dari jenis PK yang ada. Untuk tambah freon R22 pada AC dengan ½ hingga 1 PK berkisar di harga Rp 150.000, sedangkan penambahan freon R22 untuk AC dengan 1 ½ hingga 2 PK berkisar di harga Rp 200.000.

Di sisi lain, penambahan freon R32 atau R410 pada AC dengan ½ hingga 1 PK berkisar di harga Rp 200.000. Sedangkan penambahan freon R32 atau R410 pada AC dengan 1 ½ hingga 2 PK berkisar di harga Rp 250.000.

c. Isi Freon

Sama dengan penambahan freon sebelumnya, pengisian freon juga dibedakan menurut jenis PK AC. Pengisian freon atau refrigerant R22 pada AC dengan ½ hingga 1 PK berkisar di harga Rp 250.000. Sedangkan pengisian freon R22 untuk AC dengan 1 ½ hingga 2 PK berkisar di harga Rp 350.000.

Baca Juga : Perlu Diketahui! Kenali Perbedaan Jenis Freon AC

Pengisian freon R32 atau R410 pada AC dengan ½ hingga 1 PK berkisar di harga Rp 350.000. Sedangkan pengisian freon R32 atau R410 pada AC dengan 1 ½ hingga 2 PK berkisar di harga Rp 325.000.

d. Bongkar dan Pasang AC

Untuk pembongkaran AC, harga berlaku pada semua jenis PK AC dengan kisaran harga di Rp 100.000. Sedangkan pembongkaran dapat Anda bedakan berdasarkan jenis PK AC. Pada AC dengan PK ½ hingga 1, ada dalam kisaran harga Rp 250.000. Sedangkan pada AC dengan PK 1 ½ hingga 2 diberi kisaran harga Rp 425.000.

Baca Juga : Butuh Jasa Pasang AC? Jangan Sampai Pilih Teknisi

e. Penggantian Kapasitor

Sama seperti penggantian dan pengisian freon, penggantian kapasitor dapat Anda bedakan berdasar pada jenis PK AC. Dimana penggantian kapasitor untuk AC dengan PK ½ hingga 1 berkisar di harga Rp 225.000, sedangkan untuk AC dengan PK 1 ½ hingga 2 PK berkisar di harga Rp 300.000.

Biaya tersebut sudah meliputi part dan jasa dari teknisi AC.

f. Bobol Tembok

Untuk layanan bobol tembok ada dalam kisaran harga Rp 50.000 per meternya.

g. Layanan Las

Untuk layanan las, terbagi dalam dua kategori. Yakni las sambungan dan las kebocoran. Las sambungan pipa freon per titik kisaran harga Rp 100.000, sedangkan las perbaikan kebocoran pipa sekaligus isi freon seharga Rp 500.000

h. Pengecekan AC

Layanan pengecekan AC seharga Rp 750.000 dengan catatan pengecekan ini tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya.

Catatan

  • Untuk apartemen, biasanyabiaya tambahan sebesar Rp 20.000
  • Apabil harga service kurang dari Rp 75.000, maka akan dikenakan biaya minimum sebesar Rp 75.000

Keuntungan Perbaikan AC

Sama seperti alat eletronik lainnya, apabila kerusakan pada AC Andabiarkan tanpa ada tindakan, maka dapat menimbulkan kerusakan yang lebih besar hingga Anda harus mengganti unit AC yang Anda miliki dengan unit AC baru.

Selain perbaikan, Anda dapat melakukan perawatan AC dengan melakukan service setidaknya setiap 3 bulan sekali dengan AbangBenerin.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin